Lawan Alergi Telur Dengan Telur

Solusi Sehat / 5 March 2010

Kalangan Sendiri

Lawan Alergi Telur Dengan Telur

Daniel Official Writer
6084

Jika anak Anda mengalami alergi telur, hal pertama yang biasanya Anda lakukan adalah melarang anak Anda makan telur lagi. Namun sebuah penelitian yang dilakukan oleh Hopkins Children di AS menemukan bahwa anak-anak yang mengonsumsi telur dengan dosis protein yang lebih tinggi ternyata dapat mengatasi alergi telur yang dialaminya.

Dalam penelitiannya, para peneliti justru memberikan putih telur dalam dosis yang dinaikkan. Hal ini dikemukakan dalam pertemuan tahunan American Academy of Allergy, Asthma & Immunology, Selasa (2/3). Penemuan sebelumnya juga menunjukkan pendekatan yang sama. Penemuan tersebut dikenal dengan oral immunotherapy, yang telah berhasil digunakan untuk mengobati alergi susu pada anak sebagai hasilnya gejala alergi menjadi lebih ringan setelah diterapi. Demikian diungkapkan oleh Robert Wood, MD, direktur Allergy & Immunology di Hopkins Children.

Penelitian yang dilakukan selama 11 bulan ini melibatkan 55 anak penderita alergi usia 5-18 tahun. Peneliti memberikan putih telur dengan dosis yang dinaikkan kepada 40 pasien selama melakukan tantangan makanan yang diadakan di sebuah klinik di bawah pengawasan seorang dokter. Sementara 15 anak-anak menerima plasebo, makanan seperti putih telur tetapi tidak mengandung protein telur. Di akhir penelitian, lebih dari separuh anak-anak yang makan telur (21 dari 40 anak) dapat menolerir 5 gram telur tanpa reaksi alergi. Sebaliknya, tak satupun anak yang makan telur plasebo mampu menolerir telur selama melakukan tantangan makanan tersebut.

Ketika anak yang alergi telur makan makanan yang mengandung telur, sistem kekebalan tubuhnya akan mengeluarkan bahan-bahan kimia untuk melindungi tubuh. Pelepasan bahan kimia inilah yang mempengaruhi sistem pernapasan, saluran pencernaan, kulit, dan sistem kardiovaskular. Alergi ini menyebabkan gejala seperti sesak napas, mual, sakit kepala, sakit perut dan gatal gatal-gatal namun jangan kuatir dengan memberikan putih telur, gejala alergi akan berkurang setelah terapi. Jadi perlu dipertimbangkan jika Anda akan melarang anak Anda untuk makan telur karena protein dalam putih telur ternyata adalah obat untuk alergi anak Anda.

Sumber : detik.com/dan
Halaman :
1

Ikuti Kami