Membicarakan Keuangan Keluarga

Investment / 5 March 2010

Kalangan Sendiri

Membicarakan Keuangan Keluarga

Daniel Official Writer
2765

Masalah keuangan keluarga sering menjadi pemicu masalah dalam keluarga sehingga membicarakan keuangan keluarga adalah hal penting untuk menjaga keutuhan rumah tangga Anda. Namun diperlukan strategi untuk memulai pembicaraan dengan suami atau istri Anda supaya tidak terjadi miskomunikasi, antara lain :

1. Pilih waktu yang tepat. Membicarakan keuangan keluarga adalah hal yang serius sehingga tidak bisa dilakukan sambil mengerjakan hal yang lain, misalnya sambil membaca koran atau buku, nonton televisi dan sebagainya. Sisihkan setidaknya waktu 30 menit untuk berdiskusi.

2. Persiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan. Sebelum mulai berdiskusi, ambil sehelai kertas dan tuliskan saldo tabungan Anda saat ini, besar pemasukan perbulan, serta jumlah semua utang mulai dari hipotek rumah, mobil, dan pinjaman kartu kredit. Tuliskan jumlah pembayaran minimun masing-masing pinjaman tersebut secara akurat.

3. Evaluasi keuangan bersama pasangan. Jika Anda memiliki hutang, cari jalan keluar untuk melunasi hutang tersebut. Jika ada pengeluaran yang melebihi budget, temukan solusi untuk mengatasinya.

4. Tindak lanjuti evaluasi. Membicarakan keuangan keluarga tidak bisa dilakukan satu kali saja, Anda dan pasangan harus secara rutin melakukannya sampai masalah keuangan Anda teratasi dan keluarga Anda mencapai kehidupan financial yang lebih baik.

Sumber : mediaindonesia.com/dan
Halaman :
1

Ikuti Kami