Otak juga butuh makan lho!
Sumber: medindia.net

Health / 5 March 2010

Kalangan Sendiri

Otak juga butuh makan lho!

Contasia Christie Official Writer
374

Makanan yang dimakan oleh otak adalah makanan yang nantinya akan membuat fungsi kerja otak lebih optimal. Diet dengan asam lemak Omega 3, contohnya, dapat  menjaga jalannya darah ke otak dan membuat saraf dapat bekerja dengan level tinggi. Mungkin Anda perlu makan ikan (dimana terdapat Omega 3 paling banyak) dua kali seminggu atau makan suplemen.

Informasi yang terdapat di dalam otak diproses oleh neurotransmitter, yang dibuat oleh system saraf. Serotonin pada neurotransmitter dapat membuat kita lebih tenang, mengantuk, dan pusing kepala. Sementara dopamine dan norepinephrine dapat membuat lebih awas, enerjik, termotivasi, dan perhatian.

Makanan mempengaruhi produksi kerja neurotransmitter ini. Makanan dengan karbohidrat tinggi dapat menjaga otak dalam melakukan aktivitas. Makanan berprotein, di sisi lain, dapat menetralkan makanan berkarbohidrat, membuat lesu. Sebagai tambahan, makanan dan tumbuhan, dapat mempengaruhi jalannya darah, menyediakan oksigen, nutrisi, dan harmoni ke dalam tubuh.

Makanan yang bagus buat otak yaitu : alpukat, pisang, daging, ragi brewer, brokoli, beras merah, tumbuhan brussel, belewa, keju, ayam, telor, minyak rami, kacang polong, susu, oatmeal, jeruk, kacang, kentang, salmon, kacang polong, selada, bayam, tuna, ayam turkey, gandum, kacang kedelai, dan yogurt.

Sedangkan yang tidak baik bagi otak adalah minuman beralkohol, makanan dengan zat pewarna, pemanis buatan, makanan berpengawet, cola, minuman yang sangat manis, nikotin, makan terlalu banyak, dan roti sagu.

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami