Hati-Hati, Modus Baru Penipuan Cyber Incar Facebooker

Nasional / 4 March 2010

Kalangan Sendiri

Hati-Hati, Modus Baru Penipuan Cyber Incar Facebooker

Daniel Official Writer
2895

Dunia maya sangat terbuka untuk tindak kejahatan yang modusnya terus berkembang. Pelaku kejahatan sering menggunakan di situs jejaring sosial seperti Facebook untuk menjalankan aksinya. Aksi terbaru, ada sebuah jaringan yang memanfaatkan popularitas iPad untuk menjebak korbannya via Facebook.

Hati-hati jika facebooker menemukan sebuah account di Facebook dengan nama seperti "iPad Researchers Wanted - Get An iPad Early And Keep It"" dan "The Mega iPad Giveaway!". Jangan tergiur dengan judulnya, ini mungkin sebuah jebakan penipuan internet. Alih-alih mendapatkan iPad gratis, Anda sedang dalam bahaya dunia cyber.

Dalam modus ini, biasanya pelaku akan membujuk facebooker untuk menjadi penggemar atau 'Become a Fan', kemudian facebooker diminta untuk mengundang teman-teman untuk turut menjadi fan di halaman tersebut.  Lantas langkah terakhir adalah facebooker diminta mengklik 'Claim' atau 'Apply' guna mendapatkan hadiah yang ditawarkan. Nah, dalam tahap inilah facebooker berada dalam bahaya karena jika facebooker menuruti permintaan itu sebenarnya ia akan diarahkan ke kuis online yang membutuhkan nomor ponsel. Dengan nomor ponsel inilah pelaku akan membebani korbannya dengan layanan tarif premium US$ 10 per minggunya.

Namun seperti yang dilaporkan oleh Guardian, Kamis (4/3), pihak Facebook sendiri akhirnya sudah menghapus halaman tersebut atas permintaan konsultan teknologi di perusahaan keamanan Spohos, Graham Cluley. Cluley mengatakan, "Tidak semuanya berpura-pura menawarkan iPad, jadi tetap waspadalah pada ancaman yang datang. Jangan mudah memberikan nomor ponselmu pada kuis semacam itu."

Meskipun halaman tersebut sudah dihapus, tidak menutup kemungkinan akan muncul dengan modus yang berbeda. Jadi seperti nasehat Cluley, tetap waspada dan jangan mudah memberikan nomor ponselmu pada kuis-kuis online.

Sumber : detik.com/dan
Halaman :
1

Ikuti Kami