Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Daniel

Official Writer
2338


Dunia maya sangat terbuka untuk tindak kejahatan yang modusnya terus berkembang. Pelaku kejahatan sering menggunakan di situs jejaring sosial seperti Facebook untuk menjalankan aksinya. Aksi terbaru, ada sebuah jaringan yang memanfaatkan popularitas iPad untuk menjebak korbannya via Facebook.

Hati-hati jika facebooker menemukan sebuah account di Facebook dengan nama seperti "iPad Researchers Wanted - Get An iPad Early And Keep It"" dan "The Mega iPad Giveaway!". Jangan tergiur dengan judulnya, ini mungkin sebuah jebakan penipuan internet. Alih-alih mendapatkan iPad gratis, Anda sedang dalam bahaya dunia cyber.

Dalam modus ini, biasanya pelaku akan membujuk facebooker untuk menjadi penggemar atau 'Become a Fan', kemudian facebooker diminta untuk mengundang teman-teman untuk turut menjadi fan di halaman tersebut.  Lantas langkah terakhir adalah facebooker diminta mengklik 'Claim' atau 'Apply' guna mendapatkan hadiah yang ditawarkan. Nah, dalam tahap inilah facebooker berada dalam bahaya karena jika facebooker menuruti permintaan itu sebenarnya ia akan diarahkan ke kuis online yang membutuhkan nomor ponsel. Dengan nomor ponsel inilah pelaku akan membebani korbannya dengan layanan tarif premium US$ 10 per minggunya.

Namun seperti yang dilaporkan oleh Guardian, Kamis (4/3), pihak Facebook sendiri akhirnya sudah menghapus halaman tersebut atas permintaan konsultan teknologi di perusahaan keamanan Spohos, Graham Cluley. Cluley mengatakan, "Tidak semuanya berpura-pura menawarkan iPad, jadi tetap waspadalah pada ancaman yang datang. Jangan mudah memberikan nomor ponselmu pada kuis semacam itu."

Meskipun halaman tersebut sudah dihapus, tidak menutup kemungkinan akan muncul dengan modus yang berbeda. Jadi seperti nasehat Cluley, tetap waspada dan jangan mudah memberikan nomor ponselmu pada kuis-kuis online.

Sumber : detik.com/dan


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Ignatius Banton Patria 17 February 2020 - 09:15:41

peranan istri

0 Answer

Tommy Suherman 17 February 2020 - 08:40:37

Siapa menegur orang akan kemudian lebih disayangi .. more..

0 Answer

Maya panjaitan 16 February 2020 - 10:58:39

Saya mau minta doa

0 Answer


Erwin Elwuar 14 February 2020 - 02:41:47
Shaloom.... Sahabat Jawaban.com bersama semua saha... more..

sutan samosir 5 February 2020 - 05:41:05
Mohon bantuan dukungan doanya untuk saya hari seni... more..

Robs Teng 26 January 2020 - 21:15:09
Terima kasih Tuhan Yesus atas segala penyertaanMu ... more..

[email protected] 22 January 2020 - 18:35:12
Saya sedang ada masalah financial, mohon bantu did... more..

Banner Mitra Februari 2020 (2)


7264

Banner Mitra Februari 2020 (2)