Financial Planner atau Perencana Keuangan itu apa sih?

Investment / 4 March 2010

Kalangan Sendiri

Financial Planner atau Perencana Keuangan itu apa sih?

Lois Official Writer
5039

Baik Anda ingin menjadi seorang financial planner (FP), ataupun Anda memerlukan seorang FP untuk mengatur keuangan Anda, artikel ini sangat tepat dan bermanfaat untuk Anda.  Seorang perencana keuangan adalah orang yang menggunakan proses perencanaan keuangan untuk mencapai tujuan dalam hidup kliennya.

FP dapat melihat gambaran besar atas situasi keuangan Anda dan membuat rekomendasi perencanaan keuangan yang cocok untuk Anda. FP  dapat melihat seluruh kebutuhan Anda termasuk membuat anggaran dan menabung, perencanaan pajak, investasi, asuransi, dan pensiun. Juga, perencana keuangan dapat bekerja untuk Anda atas satu persoalan keuangan tapi tetap dalam konteks situasi keuangan Anda secara menyeluruh. Mereka dilatih fokus hanya ke area tertentu dalam kehidupan keuangan Anda.

Seorang FP perlu menerima pendidikan khusus sehingga memiliki tingkat pengetahuan yang cukup untuk memberikan konsultasi secara objektif kepada klien, bukan sekedar menjual produk investasi. Masyarakat juga perlu diberitahukan sehingga dapat membedakan antara perencana keuangan yang sebenarnya dan penjual produk keuangan yang mengaku sebagai FP.

Di Indonesia, terdapat Financial Planning Association Indonesia (FPAIndonesia) yang memberikan standar baku mengenai perencana keuangan. Orang yang membuka jasa perencanaan keuangan, diharapkan memiliki sertifikat profesi perencanaan keuangan, seperti CFP (Certified Financial Planner) atau ChFC (Chartered Financial Consultant). FPAIndonesia sendiri mengeluarkan gelar RFP-Indonesia (Registered Financial Planner - Indonesia) untuk standar lokal.

Universitas yang menyediakan pendidikan untuk profesi perencana keuangan jumlahnya masih sedikit. Biasanya kemampuan dasar yang diperlukan oleh perencana keuangan adalah pengetahuan teknis serta aplikasi keuangan, mengenal tanggung jawab profesi FP, serta cara menilai produk-produk keuangan yang beredar di masyarakat.

Dengan begitu, untuk menjadi seorang FP, milikilah standar-standar yang telah disebutkan di atas, dan bagi Anda seseorang yang ingin mencari FP, Anda tahu FP seperti apa yang harus Anda cari.

Sumber : keuanganpribadi.com
Halaman :
1

Ikuti Kami