Penyelamatan dari Dunia Maya

Nasional / 3 March 2010

Kalangan Sendiri

Penyelamatan dari Dunia Maya

Lois Official Writer
1932

Nama situs ini adalah Chilepersonfinder.appspot.com berasal dari Google, dia dipanggil khusus untuk mencari para korban di Chilli. Layanan ini tersedia dalam dua bahasa, yaitu Spanyol dan Inggris. Pengguna cukup memasukkan nama yang dicari apakah sudah ditemukan atau belum. Pada layanan ini terdapat pilihan yang terdiri dari "Saya sedang mencari seseorang" dan "Saya memiliki informasi tentang seseorang." Hingga Sabtu sore lalu (27/2), Google ‘person finder' telah melacak status sekitar 1400 orang. Hal yang luar biasa, dunia maya saat ini sangat membantu pencarian korban yang hilang dengan sangat cepat.

Begitu pula yang terjadi pada kasus di Twitter. "Saya kehilangan kontak dengan dengan adik dan keluarga saya yang tinggal di Santiago waktu musibah terjadi. Tidak ada telepon, SMS dan yang lainnya untuk menemukannya," cerita Sherly Breuker membuka pembicaraan, seperti yang dilansir Reuters, Senin (1/3).

 "Beruntung saya masih menggunakan Twitter, saya kirim ciri-ciri keluarga saya dan membuat hashtag. Hasilnya banyak yang merespon, dan melakukan retweet," tambah Sherly.

Sherly merupakan salah satu korban gempa di Chilli, gempa tersebut berkekuatan 8,8 SR. Setelah sekian banyak retweet yang dilakukan oleh para penduduk maya, serta kepopuleran hashtag yang dibuat Sherly, akhirnya membuahkan hasil.

"Saya telah menemukan ciri-ciri keluarga yang Anda sebutkan, jangan khawatir mereka selamat dan aman bersama kami," sebut akun yang menemukan keluarga Sherly. Sherly dan keluarganya dipertemukan dalam keharuan. Satu bukti lagi bahwa media internet mampu merespon dengan cepat semua peristiwa yang terjadi di dunia nyata.

Sumber : MSN.com
Halaman :
1

Ikuti Kami