Karadzic, Perang Bosnia Adalah Perang Suci

Nasional / 2 March 2010

Kalangan Sendiri

Karadzic, Perang Bosnia Adalah Perang Suci

Puji Astuti Official Writer
2861

Ingatkah Anda dengan perang Bosnia yang terjadi antara tahun 1992-1995? Ya, ini adalah perang yang membuat sekitar 100.000 orang terbunuh dengan sangat sadis dan 2,2 juta orang terusir dari kampung halamannya. Pemimpin Serbia Bosnia pada saat itu, Radovan Karadzic menyatakan bahwa perang itu adalah perang suci.

Di hadapan Mahkamah Kriminal Internasional, Karadzic (64) menyatakan bahwa apa yang dilakukannya sudah benar.

"Kami memiliki alasan yang benar. Kami mempunyai bukti dan petunjuk yang benar," demikian ungkap orang kepercayaan Karadzic.

Dalam pembelaannya di hadapan majelis hakim Radovan Karadzic menyatakan dirinya tidak bersalah. 

Karadzic dituduh dengan menyalahgunakan kekuasaan untuk melakukan pembantaian etnis Kroasia dan orang Muslim Bosnia. Selain itu juga dia di dakwa bertanggung jawab atas pembantaian 7000 pria dan anak laki-laki di Srebrenika dan pengepungan ibukota Sarajevo yang menewaskan 10.000 orang pada tahun 1995.

Radovan Karadzic ditangkap pada Juli 2008 lalu setelah menjadi buron selama 13 tahun. Jika Karadzic terbukti bersalah dalam kejahatan perang ini, ia terancam hukuman penjara seumur hidup.

Sungguh disayangkan Karadzic memberikan alasan perang suci sebagai pembenaran atas pembantaian pada perang ini. Karena dalam perang ini banyak korban adalah rakyat biasa yang tidak bersalah.

Sumber : Antara News
Halaman :
1

Ikuti Kami