Manfaat Rahasia Ubi

Manfaat Rahasia Ubi

Daniel Official Writer
3913

\"\"Selama ini mungkin Anda memandang ubi hanya sebagai sumber karbohidrat, yang bisa menyebabkan obesitas, bahkan diabetes. Menyamakan ubi dengan nasi bisa jadi adalah anggapan yang salah karena ubi memiliki banyak manfaat yang belum kita ketahui.

Kita mengenal paling tidak ada dua jenis ubi, yaitu ubi dengan kulit berwarna coklat dan buah kekuningan, atau ubi yang lebih manis dengan kulit berwarna ungu dan buah yang berwarna oranye. Dibawah ini adalah manfaat yang bisa Anda peroleh dari ubi antara lain :

1. Sebagai sumber vitamin dan mineral. Sebutir ubi ukuran sedang menyediakan lebih dari 200 persen kebutuhan harian akan vitamin A. Vitamin ini muncul dalam bentuk beta karoten, yang memberikan warna kuning oranye pada ubi. Ubi juga merupakan sumber terbaik vitamin C (sepotong ubi memenuhi 66 persen kebutuhan vitamin C dalam sehari), tembaga, vitamin B6, zat besi, kalsium, potasium, dan mangaan.

2. Kaya dengan serat. Menurut The U.S. Sweet Potato Council Inc., ubi masak yang dimakan beserta kulitnya menyediakan lebih banyak serat daripada seporsi oatmeal.

3. Mudah dicerna. Seratnya yang tinggi mampu mencegah sembelit dan mengholangkan sakit perut. Sedangkan vitamin A, B, C, kalsium, dan potassium yang terkandung di dalamnya membantu meringankan radang perut, dan masalah sejenis karena manfaat antiperadangannya.

4. Karbohidrat alternatif untuk diet. Mengukus atau merebus ubi akan memunculkan rasa manisnya yang alami, namun dengan sedikit kalori. Ubi memiliki kadar Glycemic Index (GI) yang rendah tidak menaikan kadar glukosa darah. Karena pengaruhnya terhadap gula darah relatif kecil, ubi juga menjadi pilihan yang baik untuk pengidap diabetes yang butuh karbohidrat, namun yang tidak mempengaruhi kadar insulin.

Masukan ubi dalam menu harian Anda dan rasakan manfaatnya yang dikandungnya. Sumber : kompas.com/dan
Halaman :
1

Ikuti Kami