Mengatasi Mabuk Perjalanan Dengan Mudah

Solusi Sehat / 1 March 2010

Kalangan Sendiri

Mengatasi Mabuk Perjalanan Dengan Mudah

Puji Astuti Official Writer
4943

Mengalami mabuk perjalanan adalah hal yang tidak menyenangkan dan terkadang memalukan. Tahukah Anda bahwa mabuk perjalanan disebabkan karena adanya daya rangsang yang berlebihan pada reseptor labirin di dalam telinga, seperti perjalanan di dalam mobil, pesawat terbang atau juga ayunan.

Faktor pendorong mabuk perjalanan antara lain adalah rasa tegang dan rasa takut, gangguan penciuman atau juga pada penglihatan dan pendengaran. Sekalipun anak-anak juga mengalami mabuk perjalanan ini, namun hal ini paling banyak mempengaruhi orang dewasa.

Bagaimana gejala-gejalanya?

Mabuk perjalanan biasanya ditandai dengan mual-mual, muntah, sakit kepala, pusing, berkeringat, kelelahan, dan kadang-kadang disertai dengan sulit bernafas yang mengakibatkan lemas karena kekurangan udara.

Gejala ini akan mereda atau bahkan hilang ketika penyebabnya berhenti, tetapi biasanya memakan waktu beberapa jam atau hari hingga bisa pulih kembali.

Cara mengatasinya

Cara paling mudah untuk mengatasi mabuk perjalanan adalah menghentikan penyebabnya. Namun hal itu berarti Anda harus keluar dari kendaraan yang menyebabkan Anda mabuk. Hal ini tentu membuat Anda tidak sampai ketempat tujuan. Untuk itu ada cara untuk meminimalkannya:

  • Hindari makan atau minum sebelum berangkat dengan kendaraan, minimal 4 jam sebelumnya.
  • Pilih tempat duduk yang paling kecil mengalami goncangan. Jika Anda naik mobil, hindari duduk di belakang. Jika di pesawat, pilih duduk di dekat sayap pesawat, dan jika di perahu atau boat, guguklah di bagian tengah.
  • Trik lain adalah dengan mengarahkan pandangan pada garis horizon. Sandarkan kepala Anda dan tutup mata atau terfokus pada satu jarak dan objek tidak bergerak seperti kaki langit.
  • Jika anak Anda cenderung mengalami mabuk perjalanan, dudukkan dia di posisi yang lebih tinggi. Hal ini mencegahnya untuk mabuk, karena anak Anda bisa melihat keluar melalui jendela depan.
  • Dan jurus terakhir adalah minumlah obat anti mabuk 30-60 menit sebelum berpergian.
Sumber : Segala Sesuatu Yang Perlu Anda Ketahui : Penyakit; PT Grasindo
Halaman :
1

Ikuti Kami