Buah Super Penangkal Penyakit Kronis

Gizi & Nutrisi / 28 February 2010

Kalangan Sendiri

Buah Super Penangkal Penyakit Kronis

Lestari99 Official Writer
4237

Pisang, apel ataupun jeruk sudah terkenal mampu menjaga kesehatan organ tubuh. Namun penelitian baru menemukan ada buah yang manfaatnya lebih besar untuk kesehatan namun kalah pamor dengan apel dan jeruk. Padahal kandungan vitamin atau mineralnya tak kalah dengan buah-buahan pada umumnya.

Menurut penelitian Colorado State University, AS, mengkonsumsi buah yang lebih bervariasi akan lebih meningkatkan kesehatan. Mereka yang mengkonsumsi buah dengan berbagai variasi mampu menurunkan kadar oksidasi yang berarti meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit. Jadi, mulailah untuk mengkonsumsi buah yang bervariasi dan Anda pun akan merasakan perubahan yang baik untuk kesehatan Anda.

Untuk Tekanan Darah Yang Baik (Pisang vs Delima)

Pisang terkenal sebagai penghasil potasium terbaik. Namun ada buah lain yang ternyata memiliki kandungan potasium dua kali lipat dari pisang, yaitu delima. Enam buah delima mengandung 891 miligram potasium yang mampu menurunkan tekanan darah. Jumlah tersebut mendekati 20% dari yang dibutuhkan oleh tubuh.

Sebuah penelitian di Belanda yang dilakukan terhadap sejumlah orang berusia 55 tahun ke atas menyebutkan, mengkonsumsi potasium tinggi bisa menurunkan tingkat kematian. Delima juga baik untuk kesehatan tulang. Delima adalah salah satu buah dengan kandungan kalsium yang tinggi.

Pelindung Jantung Dan Melawan Penyakit (Anggur Merah vs Leci)

Selama ini anggur merah dianggap paling baik untuk kesehatan jantung. Namun sebuah penelitian di Prancis yang dimuat dalam Journal of Nutrition menemukan bahwa leci memiliki kandunga polifenol 15% lebih tinggi daripada anggur merah. Kandungan yang tinggi tersebut sangat penting sebagai pencegah kerusakan jaringan sel tubuh yang bisa menyebabkan kanker.

Leci juga memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi sehingga mampu mencegah terjadinya kanker payudara. Sebuah penelitian di Sichuan University, Cina, menemukan manfaat leci untuk mencegah terbentuknya jaringan sel kanker payudara.

Penurun Kolesterol (Apel vs Pir Asia)

Apel masih menjadi buah yang favorit dan terkenal mampu menurunkan kolesterol. Namun pir Asia memiliki khasiat lebih baik. Satu buah pir Asia yang cukup besar mengandung 10 gram serat yang berguna untuk menurunkan kolesterol. Jumlah itu mencukupi 40% dari kebutuhan serat tubuh setiap hari. Dan jumlah tersebut juga dua kali lebih besar dari yang terkandung dalam sebuah apel. Buah ini juga bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan.

Untuk Melawan Kanker (Semangka vs Pepaya)

Pepaya merupakan salah satu buah penghasil beta-crypoxanthin terbaik, dan berdasarkan penelitian mampu melindungi tubuh dari serangan kanker paru-paru. Dibandingkan semangka, pepaya jauh lebih baik untuk melawan kanker karena banyak mengandung lycopene. Lycopene sebaiknya dikonsumsi setiap hari karena lycopene mampu melindungi serangan beberapa jenis kanker antara lain kanker perut, kanker endometrial dan kanker prostat. Enzim dalam pepaya juga memiliki kemampuan untuk mempercepat proses penyembuhan

Sumber : kosmo.viva
Halaman :
1

Ikuti Kami