Hati Nurani yang Bersih
Kalangan Sendiri

Hati Nurani yang Bersih

Budhi Marpaung Official Writer
      9345
Kisah Para Rasul 24:16
"Sebab itu aku senantiasa berdoa untuk hidup dengan hati nurani yang murni di hadapan Allah dan manusia"

Bacaan Kitab Setahun: Mazmur 59; Markus 3; Bilangan 1-2

Benjamin Franklin menulis puisi kecil ini: "Jaga hati nurani tetap bersih, dan jangan pernah takut." George Bernard Shaw, seorang penulis besar Irlandia berkata, "Lebih baik menjaga diri Anda tetap bersih dan cerah; Anda adalah jendela yang membuat Anda harus melihat dunia."

Jika hati nurani merupakan konsep yang penting bagi para penulis sekuler ini, betapa kita sebagai orang Kristen harus lebih peduli dengan hati nurani kita supaya "murni di hadapan Allah dan manusia"? Tanpa hati nurani kita bagaikan perahu tanpa baling-baling penggerak di tengah lautan, atau rudal tanpa sistem penuntun.

Allah telah memberikan hati nurani kepada kita. Kehadirannya merupakan refleksi Allah dalam jiwa manusia. Namun demikian, dosa, dapat menumpulkan atau bahkan merusak hati nurani kita, mengecilkan suaranya dan membuat kita tersesat. Namun, firman Allah dapat memurnikan dan menajamkan hati nurani kita dan bila itu terjadi, "Ia menuntun aku di jalan yang benar oleh karena nama-Nya" (Mazmur 23:3). Apakah ini terjadi dalam hidup Anda?

Membaca Alkitab tiap-tiap hari adalah cara terbaik agar hati nurani kita tidak tercemar oleh dunia ini.

Ikuti Kami