PMI Membutuhkan Jutaan Kantong Darah

PMI Membutuhkan Jutaan Kantong Darah

Daniel Official Writer
2017

Palang Merah Indonesia (PMI) membutuhkan 4 juta kantong darah setiap tahun. Demikian diungkapkan oleh Ketua Umum PMI M Jusuf Kalla ketika berkunjung ke unit-unit transfusi daerah (UTD) PMI Banda Aceh, Kamis (25/2). Namun saat ini baru tersedia sebanyak 1,7 juta kantong darah. Angka ini jauh dari kebutuhan yang ada.

Oleh karena itu, Jusuf Kalla berjanji akan terus mengupayakan peningkatan jumlah kantong darah dengan membangun unit-unit transfusi daerah (UTD) di berbagai daerah sehingga bisa menutup kekurangan stok darah tersebut.

Untuk tahun 2010, PMI berupaya membangun 100 UTD di tempat-tempat yang terjangkau oleh masyarakat, misalnya di mal, pusat pertokoan dan perbelanjaan, serta masjid untuk memenuhi kekurangan kebutuhan darah hingga tiga juta kantong. Jusuf Kala telah mencanangkan bahwa kegiatan donor darah harus menjadi gaya hidup masyarakat. Dengan kehadiran PMI di mal, JK berharap masyarakat yang mengisi waktu libur dengan berbelanja dan jalan-jalan di mal bisa menyumbangkan darahnya untuk misi kemanusiaan.

Sumber : kompas.com/dan

Ikuti Kami