Rio Febrian

A to Z Biography / 26 February 2010

Kalangan Sendiri

Rio Febrian

Lestari99 Official Writer
6114

Rio Febrian Samandan adalah nama lengkap dari Rio Febrian yang lahir di Jakarta, 25 Februari 1981. Pria berdarah Betawi dan Manado ini berprofesi sebagai penyanyi pria dalam musik tanah air dan telah mengeluarkan beberapa album dengan meraih berbagai prestasi sejak masih berusia belia hingga saat ini. Rio juga telah menyelenggarakan berbagai tur konser baik di dalam maupun di luar negeri.

Rio mengawali karir menyanyinya dengan sering mengikuti lomba menyanyi. Kompetisi pertamanya diikuti Rio di Bogor ketika ia masih berusia 9 tahun. Selama era 1990-an, Rio sering mengikuti dan menjuarai lomba-lomba menyanyi di tingkat nasional, di antaranya adalah Juara II Bahana Suara Pelajar 1994 dan Juara II Bintang Radio dan Televisi 1997. Pada tahun 1999, Rio berhasil menjuarai Grand Champion Asia Bagus dengan meraih juara pertama.

Karir Rio di dunia rekaman diawali pada tahun 2000 dengan menggandeng penyanyi Malaysia Erra Fazira, membawakan lagu lama karya Fariz RM, "Nada Kasih". Lagu ini sebelumnya dipopulerkan oleh Fariz RM bersama dengan Neno Warisman. Ternyata duet Rio bersama Erra Fariza mendapat sambutan baik dari masyarakat. Seiring terkenalnya "Nada kasih", Rio bergabung dengan Elfa's Choir. Saat itulah bersama-sama dengan Elfa's Choir, Rio mengikuti kompetisi paduan suara internasional, yaitu Choir Olympic 2000 di Linz, Austria, dan berhasil meraih juara I dalam Male Ensemble dan juara I Adult Choir.

Di tahun 2001 Rio Febrian akhirnya mengeluarkan album solo perdananya dengan judul album yang sama dengan nama dirinya, Rio Febrian. Album ini berhasil menelurkan hit single karya Yovie Widianto yang berjudul "Bukan Untukku" yang langsung akrab di telinga pencinta musik Indonesia.

Di pertengahan tahun 2004 Rio kembali mengeluarkan album keduanya yang berjudul Ku Ada Disini. Ku Ada Disini berhasil menjadi hit single yang mendapat sambutan antusias dari para pecinta musik Indonesia. Di album ini pula ada tiga buah lagu yang merupakan hasil karya penyanyi yang konsisten dengan musik melankolis ini, yaitu "Rasa", "Cinta Kita" dan "Kasih".

Di bulan Desember 2006 Rio Febrian meluncurkan album ketiganya yang berjudul "Rio F3brian". Dalam album ini juga, untuk pertama kalinya Rio bertindak menjadi produser. Selain itu ia juga menciptakan 4 buah lagu dan berkolaborasi dengan beberapa musisi seperti Aria Baron (mantan personel band GIGI), Edo Kondologit dan Jaclyn Victor (pemenang Malaysian Idol dari Malaysia). Album ini memang terinspirasi dari sosok wanita dan beberapa lagu yang pantas untuk dijadikan andalan adalah "Jenuh", "Wanita", "Palsu" dan "Terindah". Rio juga berduet bersama Jaclyn Victor dalam lagu "Cerita Cinta" yang juga terdapat dalam album Jaclyn, Inilah Jac (2006).

Discography :

 

Aku Bertahan (2009)
Rio F3brian (2001)
Salahi Aku Kujatuh Cinta Lagi (Single Kolaborasi Dengan Yovie Widianto)
Ku Ada Disini (2004)
Rio Febrian (2001)
Nada kasih - Single Duet denga Erra Fazira (2000)
Sumber : wikipedia
Halaman :
1

Ikuti Kami