“Manusia Pohon” Akan Dioperasi Pekan Depan

Nasional / 24 February 2010

Kalangan Sendiri

“Manusia Pohon” Akan Dioperasi Pekan Depan

Lestari99 Official Writer
4280

Manusia pohon asal Bandung, Dede Koswara (39) akan menjalani operasi ulang pembersihan kutil raksasa di tangannya pekan depan. Dede menderita epidermi displacia veruciformis disertai giant cutaneous horn. Operasi yang akan dijalaninya bukanlah sebuah operasi yang mudah karena menurut tim dokter, akar kutil telah melilit sampai ke tulang. Sedangkan obat untuk menghambat pertumbuhan kutil raksasa itu belum ditemukan.

Koordinator tim dokter operasi Dede, dr. Rachmat Dinata mengatakan idealnya kutil di bagian tangan Dede harus dipangkas setiap6 bulan sekali karena pertumbuhan virusnya sangat cepat. Dede akan ditangani oleh 6 dokter bedah. Sebelum masuk ruang perawatan, Dede akan menjalani berbagai pemeriksaan terkait infeksi paru-paru, gangguan fungsi hati atau ginjal dan jika kondisinya dinyatakan baik maka Dede akan menjalani operasi pada Kamis (4/3) mendatang. Operasi akan diadakan di Rumah Sakit Hasan Sadikin, Bandung.

Dede sendiri akan diantar keluarganya ke RSHS pada Minggu (28/2) menggunakan ambulans yang telah disiapkan Puskesmas Cihampelas. Soal biaya operasi, Ateng (70), ayah Dede, mengatakan bahwa mereka hanya mengandalkan bantuan dari program Jaminan Kesehatan Masyarakat.

Penderitaan ini telah dialami Dede selama bertahun-tahun. Semoga saja operasi ini dapat berjalan dengan baik dan bisa membuat kondisi Dede membaik. Karena bukan hal yang mudah bagi Dede untuk menjalani kehidupan sebagai ‘manusia pohon'.

Sumber : tempointeraktif
Halaman :
1

Ikuti Kami