Jauhi Penyakit Jantung Dengan Hidup Berbahagia

Jauhi Penyakit Jantung Dengan Hidup Berbahagia

Lestari99 Official Writer
3489

Sebagaimana tertulis dalam kitab Amsal bahwa hati yang gembira adalah obat menjadi sebuah ayat yang nyata ketika sebuah penelitian mampu membuktikan hal itu. Sebuah kajian yang diterbitkan dalam European Heart Journal menyimpulkan bahwa berusaha untuk merasa berbahagia dan bersikap positif bisa menghindarkan diri dari penyakit jantung. Penelitian ini memang tidak bisa secara tegas membuktikan bahwa kebahagiaan dapat melindungi orang dari penyakit jantung, namun dikatakan bahwa manusia harus mampu menikmati hidup.

Dr Karina Davidson selaku kepala peneliti mengungkapkan perlu diadakannya penelitian lebih lanjut untuk mengetahui kaitan antara perasaan bahagia dengan penyakit, namun ia tetap menyarankan agar orang tetap mengembangkan pandangan hidup yang lebih positif. Para peneliti ini percaya bahwa orang yang berbahagia memiliki pola tidur yang lebih baik, kurang rentan terhadap stres dan lebih mampu melupakan berbagai pengalaman yang tidak menyenangkan. Namun diakuinya pendekatan masing-masing individu terhadap kehidupan sudah lebih terbentuk dan berbeda.

Dr Davidson juga mengatakan agar orang tidak menunggu kesempatan ‘liburan untuk bersenang-senang' karena seharusnya kesenangan itu harus dicari setiap hari. Misalnya saja jika Anda senang membaca novel tapi tidak pernah melakukannya, maka sediakanlah waktu biarpun hanya 15 menit untuk membaca. Jika Anda senang berjalan kaki atau mendengarkan musik untuk mengubah suasana perasaan Anda, maka lakukanlah hal itu secara teratur. Intinya berada dalam keadaan santai dan merasa senang selama beberapa menit setiap hari memiliki dampak yang bagus bagi kesehatan mental dan bisa memperbaiki kesehatan fisik Anda.

Meskipun beberapa ahli lain mengungkapkan pengkaitan antara kebahagiaan dan kesehatan mungkin terbatas manfaatnya, namun ahli jantung Iain Simpson dari Perhimpunan para ahli jantung Inggris mengatakan bahwa penyakit jantung sampai saat ini masih merupakan pembunuh paling besar di Inggris. Sehingga setiap bentuk usaha apapun yang dapat menghindarkan penyakit tersebut sudah seharusnya diperhatikan. Namun beliau tetap menganggap bahwa upaya seperti mengurangi kolesterol dan diabetes lebih penting dalam usaha mengurangi penyakit jantung.

Sumber : bbc
Halaman :
1

Ikuti Kami