Pesawat Ulang Alik Endeavour Selesaikan Misi

Nasional / 23 February 2010

Kalangan Sendiri

Pesawat Ulang Alik Endeavour Selesaikan Misi

Daniel Official Writer
2267

Setelah kurang lebih 13 hari berada di luar angkasa, pesawat ulang alik Endeavour berhasil mendarat kembali ke bumi. Pendaratan berjalan dengan mulus di landas pacu fasilitas pendaratan pesawat ulang alik Kennedy Space Center, Florida pada Minggu (21/2) malam tepatnya pukul 22.20 waktu Florida atau Senin (22/2) pagi PUKUL 10.20 WIB. Sebelumnya misi Endeavour diperkirakan akan diperpanjang karena cuaca yang tidak mendukung pendaratan.

Para awak yang dipimpin Komandan George Zamka itu kembali setelah melaksanakan misi STS-130 untuk memasang modul baru Node 3 "Tranquility" dan merakit dek pengamatan angkasa luar yang berjendela tujuh buah, yang disebut Cupola di stasiun antariksa internasional (ISS).

Sedangkan Astronot Jepang yang berada di ISS, Soichi Noguchi, menyatakan bahwa Cupola berfungsi baik. Ia bisa menyaksikan jalur cahaya terang Endeavour saat pesawat itu memasuki atmosfer Bumi. "Saya menyaksikan masuknya pesawat ke atmosfer dari jendela Cupola," tulis Noguchi di halaman Twitter-nya. Ia sudah berada di stasiun antariksa tersebut sejak Desember 2009. "Pemandangan itu sungguh luar biasa," ujarnya.

Sumber : kompas.com/dan
Halaman :
1

Ikuti Kami