Mengenal Gelotophobia Lebih Dalam

Psikologi / 23 February 2010

Kalangan Sendiri

Mengenal Gelotophobia Lebih Dalam

agnes.faith Official Writer
7479

Bila Anda merasa risih atau takut ditertawakan, mungkin Anda memiliki suatu ketakutan khusus yang dalam dunia psikologi disebut dengan gelotophobia. Kata ini berasal dari bahasa Yunani, gelos, yang berarti tertawa, dan phobos yang artinya takut. Hal ini merupakan reaksi perasaan tidak aman dan reaksi penghindaran

Phobia ini terjadi karena beberapa hal yang terjadi di masa-masa perkembangan seseorang. Pada masa kanak-kanak seseorang mengalami suatu kegagalan mengembangkan suatu jembatan interpersonal, misalnya dengan pengasuh. Pada masa remaja seseorang mengulangi pengalaman traumatis itu dan ditertawakan atau diejek.

Setelah seseorang dewasa, perasaan itu muncul lagi dan semakin intens, sehingga menimbulkan suatu pengalaman yang lebih traumatis. Lebih dari sekedar diejek atau ditertawakan, bahkan cenderung mengalami kekerasan secara fisik.

Hal ini menimbulkan reaksi negatif dari diri seseorang. Misalnya menarik diri dari pergaulan supaya tidak di ejek, menjadi pribadi yang dingin dan tidak bersahabat, adanya gangguan psikosomatis seperti sakit kepala, gemetar, pusing atau gangguan tidur.

Orang dengan phobia ini cenderung untuk merendahkan potensi dan penghargaan terhadap diri sendiri. Mereka merasa diri mereka kecil dan tidak bernilai. Mereka menganggap bahwa tertawa bukanlah hal untuk menaikkan mood atau membuat diri menjadi lebih bersemangat. Mereka tidak dapat mengekspresikan sesuatu dengan senyuman dan tawa.

Sangat disayangkan bila hidup ini tidak dapat dinimati dengan senyuman dan tawa. Karena sebenarnya dengan senyum dan tawa, seseorang akan lebih ceria dan bersemangat dalam menjalani hidup. Jadi tetaplah tersenyum!

Sumber : wikipedia/agn
Halaman :
1

Ikuti Kami