Khasiat Bawang Bombay

Gizi & Nutrisi / 23 February 2010

Kalangan Sendiri

Khasiat Bawang Bombay

Daniel Official Writer
5274

Selama ini kita takut memiliki bau seperti bawang bombay, namun di balik semuanya itu bawang yang memiliki nama latin Allium cepa L ini ternyata mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan kita. Bawang bombay terbukti mengandung zat yang sangat aktif untuk mengatasi bacteria atau anti-bacterial agent, kemudian juga  mengandung agent aktif anti-allergical.

Bawang bombay terbukti memiliki kandungan kromium yang baik. Kromium berperan mencegah diabetes melitus karena komponen sulfur yang berbentuk allyl propyl disulphide merupakan komponen yang berperan penting dalam menurunkan glukosa darah.

Bawang bombay juga baik untuk mencegah serangan jantung dan stroke. Komponen sulfur dalam bawang bombay akan bersinergi dengan kromium dan vitamin B6 untuk menurunkan kadar homosistein dalam darah. Bawang bombay juga memiliki sifat antiperadangan.

Komponen isothiocyanates (juga terdapat pada brokoli) dilaporkan dapat menghambat sel kanker. Komponen tersebut berasal dari senyawa glukosinolates yang mengalami perubahan setelah bawang bombay digigit, dikunyah, dan dicerna. Bawang bombay juga mengandung komponen flavonoid yang sangat baik untuk mencegah kanker usus.

Ternyata di balik ketidakenakan untuk memotong bawang atau bau yang sangat menyengat manfaat di baliknya sangat luar biasa. Sedikit tip untuk menghilangkan bau yang tidak enak itu, makanlah parsley sesudah mengkonsumsi makanan yang mengandung bawang bombay. Sedangkan untuk mengatasi air mata yang terus mengalir pada saat memotong, simpanlah bawang yang sudah di kupas selama satu jam di kulkas. Jadi, tidak usah takut lagi mengkonsumsi bawang bombay.

Sumber : kompas.com/dan
Halaman :
1

Ikuti Kami