Gara-Gara Bau Badan Gagal Terbang

Nasional / 22 February 2010

Kalangan Sendiri

Gara-Gara Bau Badan Gagal Terbang

Lestari99 Official Writer
3336

Hati-hati bila Anda memiliki bau badan dan berniat bepergian dengan pesawat di Amerika Serikat. Seorang pria asal Kanada gagal melakukan penerbangan dengan maskapai Jazz Air karena keluhan seluruh penumpang pesawat yang mencium bau badannya yang menyengat. Seorang wanita yang tidak mau diungkapkan jati dirinya mengatakan seluruh penumpang pesawat menatap ke arah pria yang memiliki bau yang sangat ‘menyengat' tersebut. Situasi pesawat sangat tidak nyaman akibat bau badan yang ditimbulkannya. Pihak maskapai pun mengambil keputusan untuk menurunkan pria tersebut dari pesawat sebelum tinggal landas.

Maskapai Jazz Air sebagaimana maskapai penerbangan lainnya di Amerika tidak memiliki kebijakan tertentu mengenai bau badan. Hal ini diungkapkan oleh juru bicara maskapai, Manon Stuart. Namun situasi bau badan yang terjadi pada Kamis (18/2) lalu dianggap sebagai situasi ‘darurat' yang membuat pihak maskapai harus mengambil tindakan demi kepentingan keamanan dan kenyamanan yang terbaik bagi mayoritas penumpang. Dan Stuart mengakui bahwa penumpang tersebut pada akhirnya turun dari pesawat sebelum lepas landas meskipun tidak memberikan informasi secara spesifik mengenai alasan penurunan tersebut.

Di Amerika, insiden penurunan penumpang pesawat sebelum tinggal landas ternyata bukan untuk pertama kalinya terjadi. Sutradara dan produser film Hollywood, Kevin Smith, di dalam status Twitternya menuliskan bagaimana dirinya pada hari Minggu lalu dipaksa turun oleh pilot maskapai Southwest Airline karena dianggap ‘terlalu gemuk'.

Dengan alasan keamanan dan kenyamanan yang terbaik bagi mayoritas penumpang sepertinya memang merupakan hal yang baik. Tapi jika belum sampai pada tahap ‘darurat' bagi keamanan selama penerbangan, apakah itu berarti harus mengorbankan hak orang lain untuk menikmati fasilitas meskipun ia sudah membayarnya? Setiap pihak memiliki kepentingannya masing-masing tapi sepertinya maskapai penerbangan di Amerika perlu menyediakan ruangan khusus bagi mereka yang dianggap ‘mengganggu' kenyamanan penumpang lain agar insiden penurunan ini tidak terjadi lagi.

Sumber : yahoonews
Halaman :
1

Ikuti Kami