Mengundang Pencuri Secara Online ?

Nasional / 22 February 2010

Kalangan Sendiri

Mengundang Pencuri Secara Online ?

Daniel Official Writer
2472

Mungkin Anda berpikir, orang gila mana yang melakukan hal itu karena setiap orang pasti ingin merasakan keamanan namun perkembangan teknologi yang cukup pesat dewasa ini ternyata berdampak pada penurunan keamanan setiap orang. Namun secara tidak sadar mungkin kita sudah melakukan hal tersebut. Dengan tehnologi,  kita dapat dengan mudah mengetahui keberadaan seseorang, demikian juga sebaliknya. Kita perlu berhati-hati karena hal tersebut juga dapat dimanfaatkan oleh orang yang berniat jahat.

Sebuah situs bernama ‘PleaseRobMe', mengklaim bisa mengungkapkan lokasi rumah-rumah kosong hanya berdasarkan apa yang diposting orang di jejaring sosial saat sedang online. Situs yang dikembangkan oleh Van Amstel, Frank Groeneveld dan Barry Borsboom mampu mengetahui keberadaan seseorang apakah di rumah atau tidak. Meskipun menurut salah satu pembuatnya, Boy Van Amstel, situs ini tidak ditujukan untuk tujuan jahat atau iseng, namun situs ini telah membuktikan betapa berbahayanya membagi informasi lokasi secara online.

Mereka mengembangkan situs ini hanya dalam waktu 4 jam dan mereka menegaskan bahwa situs mereka bukan dibuat untuk menyulut tindak kejahatan, tujuan mereka hanya ingin tahu jawaban pertanyaan tentang berbagi nama lengkap di Internet dan mereka sudah mendapatkan jawabannya.

Jadi, jika Anda adalah pengguna Twitter, Facebook atau jejaring sosial lainnya sebaiknya Anda lebih cermat dan berpikir ulang sebelum memposting informasi pribadi secara detil di online. Karena hal tersebut bisa membuat Anda menjadi target kejahatan termasuk pencurian, perampokan bahkan pencurian identitas. Anda harus menyadari bahwa informasi pribadi Anda di online bisa dilihat semua orang di dunia. Jika tidak hati-hati,Anda bisa mengundang pencuri ke rumah Anda ketika rumah Anda tinggalkan.

Sumber : okezone.com/dan
Halaman :
1

Ikuti Kami