Hati-hati, Kakek dan Nenek Sebabkan Anak Obesitas

Solusi Sehat / 22 February 2010

Kalangan Sendiri

Hati-hati, Kakek dan Nenek Sebabkan Anak Obesitas

Puji Astuti Official Writer
4579

Hati-hati loh, jika Anda sering menitipkan anak Anda pada kakek dan neneknya, kemungkinan anak Anda mengalami obesitas semakin besar. Mengapa bisa demikian? Hal yang menjadi pemicunya adalah perbedaan pola asuh antara sang kakek dan nenek dengan orang tua.

Menitipkan buah hati pada orang tua Anda memiliki beberapa kelebihan tersendiri dari pada meninggalkannya bersama babysitter, diantaranya adalah memberi rasa aman, tentunya Anda tidak harus mengeluarkan uang yang besar, mendekatkan anak Anda dengan kakek dan neneknya.

Namun diluar semua kebaikan itu, kadang orang tua Anda juga membuat buah hati Anda menjadi anak yang manja, suka jajan, nonton terlalu lama dan tidur terlalu malam. Mengapa semua itu terjadi? Karena kakek dan neneknya beralasan bahwa itu cara mereka menunjukkan kasih sayang.

Berdasarkan sebuah peneltian terhadap 12.000 anak yang berumur 3 tahun yang sering diasuh oleh kakek neneknya 15 persen lebih tinggi terkena kelebihan berat badan dari yang tidak.

Mereka yang diasuh oleh saudara, juga mengalami hal yang sama. Dan bertolak belakang dengan hal itu, anak yang dibawa ke tempat penitipan anak tidak mengalami resiko obesitas.

Kini bukan berarti bahwa Anda tidak boleh menitipkan anak Anda pada kakek dan neneknya. Tentu saja boleh, namun Anda harus bicarakan mengenai pola asuh yang sama. Jangan mengijinkan mereka untuk memberikan imbalan berupa makanan kepada anak-anak Anda, apa lagi jajan. Pastikan mereka makan pada waktunya, dan tidak terlalu banyak ngemil.

Dengan begini hasil yang Anda terima adalah, kakek dan nenek senang karena dekat dengan cucunya, dan buah hati Anda sehat serta bahagia.

Sumber : healthnews.com
Halaman :
1

Ikuti Kami