Mendidik Anak Itu Menyenangkan

Parenting / 20 February 2010

Kalangan Sendiri

Mendidik Anak Itu Menyenangkan

Daniel Official Writer
2524

Jika Anda adalah orang tua baru, pasti akan timbul kekhawatiran tentang bagaimana akan mendidik anak Anda. Karena jika Anda berhasil mendidik anak Anda dengan baik, maka kelak anak Anda akan berperilaku baik. Demikian pula sebaliknya. Orang tua sangat berperan untuk membuat anak bisa bertumbuh menjadi pribadi yang baik, bertanggungjawab dan bisa menjadi kebanggaan orangtuanya. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam mendidik :

  • 1. Ciptakan lingkungan yang positif dan penuh kasih sayang. Lingkungan seperti ini dapat membentuk anak menjadi pribadi yang percaya diri. Sebagai orang tua, kita harus selalu berusaha menjaga sikap kita, baik nada suara, bahasa tubuh maupun ekspresi wajah kita.
  • 2. Berikan pujian pada anak. Sebab sebuah pujian yang tulus pada anak akan membangkitkan rasa bangga yang akhirnya dia akan sanggup melakukan sesuatu dengan mandiri.
  • 3. Jangan bandingkan anak Anda dengan anak lain, sebab hal ini akan membuat mereka merasa minder dan tak berguna.
  • 4. Jangan melontarkan kata-kata negatif seperti "Bodoh banget sih!" atau "Jangan seperti bayi dong!" Karena komentar buruk akan senantiasa melekat pada anak Anda. Cobalah untuk menekan pada anak, bahwa setiap orang bisa melakukan kesalahan, termasuk dia. Namun semuanya tidak akan mengurangi sedikitpun kasih sayang Anda padanya meskipun Anda tidak menyukai perilakunya.
  • 5. Berikan teladan hidup yang baik. Karena anak biasanya belajar dari orang tuanya. Ajarkan pada anak Anda sikap menghargai, setiakawan, jujur, baik, mau bertoleransi serta tidak egois.
  • 6. Jadilah orang tua yang fleksibel. Anak Anda akan bertumbuh dewasa dan Anda harus menyesuaikan cara mendidik mereka.
  • 7. Sadarilah bahwa tak ada orangtua yang sempurna di dunia ini, termasuk Anda. Sebagai manusia Anda pun memiliki kekuatan dan kelemahan. Jadi kenalilah kemampuan Anda dan pasangan. Selanjutnya bekerjasamalah untuk saling bahu membahu dalam mendidik anak Anda.
Mendidik anak bukanlah sebuah beban yang berat tetapi sebuah tanggung jawab yang disertai sebuah keteladanan dari para orang tua. Sumber : conectique.com/dan
Halaman :
1

Ikuti Kami