Bendera Nelson Mandela, Selamat Dari Lelang

Nasional / 20 February 2010

Kalangan Sendiri

Bendera Nelson Mandela, Selamat Dari Lelang

Puji Astuti Official Writer
3033

Bendera Afrika Selatan yang penuh sejarah karena ditandatangani tiga orang presiden Afrika Selatan, yaitu Nelson Mandela, Thabo Mbeki dan FW de Klerk akhirnya kembali ke negara asalnya. Sebelumnya, bendera ini berada di rumah lelang, Bonhams pada akhir bulan lalu. Namun seorang dermawan yang adalah bisnisman asal Afrika Selatan - London yang tidak mau disebutkan namanya, dengan sangat patriotik membeli bendera tersebut dengan jumlah yang tidak diketahui.

Pada perjanjian dengan Bonhams, bendera itu akan dikembalikan ke pemerintah Afrika Selatan.

Hal ini menjadi sebuah kebahagian tersendiri bagi pemerintah Afrika Selatan, karena bendera yang pernah di kibarkan pada pelantikan presiden Mei 1994 itu, adalah saksi sejarah berakhirnya pemerintahan apartheid di negara itu.

"Ini adalah akhir paling menggembirakan bagi bendera tersebut," demikian ungkap Giles Peppiatt, Direktur Seni Afrika Selatan.

"Kami sangan senang dapat mengatur kesepakatan bagi orang Afrika Selatan yang patriotik ini, yang ingin melihat bendera tersebut kembali ke tempat terbaik dimana ia berasal," tambahnya.

Harga awal bendera tersebut saat dilelang sekitar £ 10.000 hingga £ 15.000.

Tindakan patriotis ini perlu ditiru oleh masyarkat Indonesia, mengingat saat ini banyak benda bersejarah serta benda cagar budaya milik bangsa ini yang di jual ke luar negeri. Jika ingin anak cucu kita mengenal sejarah dan budaya Indonesia, maka mari selamatkan benda-benda sejarah dan cagar budaya negeri ini.

Sumber : Telegraph
Halaman :
1

Ikuti Kami