Pura-puralah Bahagia Untuk Hindari Sakit Jantung

Psikologi / 20 February 2010

Kalangan Sendiri

Pura-puralah Bahagia Untuk Hindari Sakit Jantung

Puji Astuti Official Writer
3381

Anda pernah mendengar sebelumnya: untuk menghindari serangan jantung jangan merokok, makan dengan benar dan olahraga. Tetapi menjadi bahagia dapat membuat Anda juga mengindari penyakit ini, demikian ungkap sebuah penilitian.

Bahkan jika Anda sering uring-uringan, cobalah menjadi ceria itu sudah membuat perbedaan bagi hidup Anda.
Para peneliti di Columbia University menilai tingkat kebahagiaan lebih dari 1.700 orang dewasa di Kanada tanpa ada masalah jantung pada tahun 1995.

Setelah satu dekade, mereka memeriksa 145 orang yang mengalami masalah jantung dan menemukan orang-orang bahagia jarang mengalaminya. Studi ini dipublikasikan secara online dalam Jurnal Jantung Eropa.

Berpura-pura

"Jika Anda tidak secara alami orang yang bahagia, coba saja bertindak pura-pura bahagia," kata Dr Karina Davidson dari Columbia University Medical Center. "Itu bisa membantu jantungmu."

Davidson dan rekan-rekannya menggunakan lima point skala untuk mengukur kebahagiaan orang. Mereka kemudian membuat statistik disesuaikan dengan hal-hal seperti umur, jenis kelamin, dan merokok.

Untuk setiap titik pada skala kebahagiaan, 22 persen orang lebih rendah cenderung memiliki masalah jantung. Studi ini dibayar oleh US National Institutes of Health dan lain-lain.

Davidson mengatakan orang-orang bahagia lebih cenderung memiliki gaya hidup yang lebih sehat. Hal ini juga dapat juga sifat genetik yang tidak diketahui bahwa predisposes orang untuk menjadi bahagia memiliki lebih sedikit penyakit jantung.

Kata pakar-pakar lain kebahagiaan itu sendiri dapat mengakibatkan jantung yang lebih sehat dibandingkan dengan emosi lain seperti stres atau depresi.

Isi ulang baterai

Sering melepaskan hormon stres hal itu dapat merusak otot jantung. Stres juga dapat menyebabkan pembuluh darah terbuka terlalu lebar, sehingga memungkinkan untuk buildups plak pecah dan menyumbat arteri, demikian menurut Joep Perk, seorang profesor ilmu kesehatan di sweden's Kalmar University dan juru bicara Perkumpulan Kardiologi Eropa. Perk sendiri tidak terkait dengan studi Columbia University.

"Saya sering meminta pasien saya untuk tidak terlalu tertekan karena buruk bagi jantung Anda," kata Perk. "Anda perlu waktu untuk mengisi ulang baterai Anda atau lain jantung Anda tidak akan dapat menerimanya."

Depresi telah lama tercatat sebagai faktor risiko masalah jantung. Dia menganjurkan mencoba untuk bahagia karena alasan lain, seperti kesehatan mental yang lebih baik.

"Apa pun yang pasien dapat lakukan untuk meningkatkan jumlah (kebahagiaan) dalam hidup mereka akan sangat membantu," katanya, sambil menambahkan ada sedikit proviso. "Jangan merokok, makan makanan tidak sehat, tidak berolahraga atau apapun yang berpotensi merusak," katanya. "Itu satu-satunya trik."

Namun tahukah Anda bahwa Tuhan menyediakan kebahagiaan bagi Anda sehingga Anda tidak perlu pura-pura? Yohanes 15:11 berkata, "Semuanya itu Kukatakan kepadamu, supaya sukacita-Ku ada di dalam kamu dan sukacitamu menjadi penuh.

Sumber : MSN
Halaman :
1

Ikuti Kami