Keluar Dari Bayang-bayang Masa Lalu

Kata Alkitab / 19 February 2010

Kalangan Sendiri

Keluar Dari Bayang-bayang Masa Lalu

Budhi Marpaung Official Writer
8308

"..aku melupakan apa yang telah di belakangku dan mengarahkan diri kepada apa yang di hadapanku," (Filipi 3:13)

Apakah Anda pernah melihat bayangan suatu benda atau bayangan Anda sendiri? Apa yang bisa Anda gambarkan dari situ? Sesuatu yang menyenangkan atau justru malah menakutkan?  Kalau saya, bayang-bayang selalu menyiratkan sesuatu yang tersembunyi, misterius, dan terlarang.

Dalam sebuah film, tokoh yang berpakaian "menyerupai bayangan" biasanya menggambarkan orang yang ditakuti. Bayang-bayang juga digunakan sebagai pertanda perjumpaan yang akan segera terjadi dengan sesuatu yang belum dikenal.  

Di kehidupan manusia, bayang-bayang kerap dimaknakan sesuatu yang negatif. Seorang anak tidak akan nyaman menjalani usahanya ketika orang lain selalu mengaitkan dirinya dengan ayahnya terhadap keberhasilan yang ia peroleh. Begitu juga dengan seorang suami yang tenggelam oleh bayang-bayang istrinya yang memiliki karir begitu luar biasa sehingga banyak tetangga yang menyepelekan dirinya sebagai kepala keluarga.

Di dalam kehidupan kita bersama Tuhan pun sadar atau tidak, bayang-bayang menjadi persoalan yang sulit untuk dilepaskan. Masa lalu yang begitu menyakitkan, penuh dengan dosa membuat kita merasa bahwa Tuhan tidak akan pernah menerima kita. Segala hal yang kita lakukan untuk dekat dengan Bapa, selalu kita anggap hasilnya pasti akan sia-sia. Bahkan, ketika kita mendengar bahwa ada satu pribadi yang dapat membawa kita hidup dalam kekekalan, kita tidak mempercayainya.

Bayang-bayang keburukan hidup kita begitu kuat pengaruhnya sehingga hal-hal baik begitu sulit untuk masuk. Kebenaran firman Allah yang dikhotbahkan oleh hamba-hamba Tuhan tidak memiliki efek apa-apa karena kita tetap hidup dalam masa lalu yang kelam.

Kondisi kita tak akan pernah berubah sampai kita mau untuk keluar dari bayang-bayang masa lalu tersebut. Anda tidak harus melakukannya seorang diri karena ada Tuhan Yesus yang siap memberikan bantuan 24 jam agar Anda mengalami kebebasan yang sejati. Bahkan, inilah kerinduan-Nya bagi setiap manusia. Dia tahu bahwa Anda akan gagal untuk keluar dari masa lalu dan karenanya Dia ingin Anda menyadari hal tersebut.

Allah ingin Anda bertobat dan meminta tolong kepada-Nya. Ketidakberdayaan Anda akan memudahkan-Nya untuk masuk dan membajak hati Anda. Kuasa-Nya akan nyata bila Anda meresponi-Nya. Bayang-bayang masa lalu apa yang saat ini mengikat Anda? Mintalah kepada Allah untuk membantu Anda melepaskannya. Percayalah, Dia sanggup memerdekakan dan menjadikan Anda manusia baru.

Halaman :
1

Ikuti Kami