Gunakan Uang Tunai, Kontrol Pengeluaran Anda

Investment / 19 February 2010

Kalangan Sendiri

Gunakan Uang Tunai, Kontrol Pengeluaran Anda

Daniel Official Writer
2955

Jika Anda masih berjuang dengan anggaran karena sepertinya Anda telah menghabiskan lebih banyak uang daripada seharusnya, mungkin sebaiknya Anda kembali menggunakan uang tunai untuk pemgeluaran harian Anda. Tidaklah mengherankan bahwa sebagian besar dari kita mulai bergerak menjauh dari pengunaan uang tunai dalam kehidupan sehari-hari; kenyamanan kartu debit dan kartu kredit sangat menggoda kita. Beberapa kartu benar-benar menawarkan hadiah atau uang kembali yang membuat penggunaan uang tunai menjadi kurang menarik. Namun kemudahan-kemudahan tersebut justru menyebabkan masalah yaitu bahwa Anda akan mulai melupakan nilai uang Anda yang sebenarnya Anda belanjakan.

Tetapi apakah membayar dengan uang tunai membuat sebuah perbedaan yang berarti? Jawabannya adalah Ya. Bayangkan, ketika Anda setiap hari bertransaksi dengan mengesek kartu Anda maka Anda tidak melihat uang tersebut secara fisik berpindah tangan. Hal ini  akan terasa berbeda ketika Anda harus mengeluarkan beberapa lembar uang dari dalam dompet atau tas dan secara fisik menyerahkan uang tersebut untuk orang lain. Jika Anda menggunakan uang tunai untuk pembelian yang sama, Anda akan mulai berpikir tentang konsekuensi dari pengeluaran tersebut. Anda akan tahu uang Anda berkurang dan Anda akan ingat berapa banyak yang telah Anda setiap kali Anda melihat di dompet Anda. Ini saja dapat membuat Anda berpikir dua kali sebelum melakukan pembelian.

Cobalah ambil satu atau dua minggu untuk mencoba hal tersebut dan melihat apa efeknya terhadap pengeluaran sehari-hari Anda. Sebelum kegiatan rutin Anda pada hari Senin, membuatlah anggaran untuk berapa banyak uang yang Anda akan perlu sepanjang minggu. Jika Anda secara teratur membeli makan siang keluar, menghitung itu, atau jika Anda berhenti untuk minum kopi di perjalanan ke tempat kerja pastikan untuk menyertakan itu juga. Satu minggu berjalan coba evaluasi apa yang sudah Anda lakukan? Apakah Anda masih menemukan sisa uang di dompet Anda atau Anda menghabiskan uang Anda sebelum waktunya? Namun terlepas dari hasil yang Anda dapatkan, hal ini memiliki arti yang sangat nyata ke mana uang Anda belanjakan sepanjang minggu dan karena ini kini Anda dapat menyusun anggaran yang realistis dan bermakna. Uang tunai dapat membantu Anda untuk memperoleh kembali kontrol atas pengeluaran Anda.

Sumber : about.com/dan
Halaman :
1

Ikuti Kami