Bekas Penjajah Haiti Kucurkan Dana Bantuan

Nasional / 18 February 2010

Kalangan Sendiri

Bekas Penjajah Haiti Kucurkan Dana Bantuan

Puji Astuti Official Writer
3325

Presiden Perancis Nicolas Sarkozy melakukan kunjungan ke Haiti pada Rabu (17/2) lalu dan mengumumkan akan memberikan tambahan bantuan sebesar seratus juta uero bagi negara bekas koloni Perancis tersebut.

Sarkozy tercatat sebagai kepala negara Eropa pertama yang melakukan kunjungan langsung ke Haiti. Dengan tambahan 100 juta uero tersebut maka total bantuan bagi Haiti dari Perancis senilai € 320 juta.

Dalam kunjungannya ini Sarkozy juga dijadwalkan bertemu dengan Presiden Haiti Rene Preval dan Perdana Menteri Jean-Max Bellerive, serta melakukan tur ke daerah bencana.

Kunjungan Sarkozy ini merupakan sejarah baru bagi hubungan Perancis-Haiti, karena ia merupakan Presiden Perancis pertama yang mengunjungi bekas jajahannya, yang pernah di ekploitasi dan di perbudak sebelum kemerdekaan Haiti pada dua abad lalu.

Pemulihan Haiti akibat gempa dasyat pada 12 Januari lalu masih panjang. Bahkan hingga beberapa hari lalu masih terjadi gempa susulan yang menyebabkan sebuah sekolah ambruk dan menewaskan tiga orang anak.

Bagi Anda yang rindu memberkati Haiti Anda masih bisa menyalurkan dana bantuan Anda melalui Jawaban Kasih Haiti hingga 19 Februari 2010.

Sumber : CNN
Halaman :
1

Ikuti Kami