Kiat Rekening Bersama Tanpa Konflik

Investment / 15 February 2010

Kalangan Sendiri

Kiat Rekening Bersama Tanpa Konflik

Lestari99 Official Writer
3937

Sebagai pasangan suami istri yang berlandaskan komitmen dan rasa saling percaya yang sangat kuat, terkadang memiliki rekening bersama menjadi salah satu alternatif yang dipilih. Selain untuk mengokohkan rasa saling percaya juga untuk mempermudah transaksi di antara keduanya.

Rekening bersama memang dimaksudkan sebagai rekening yang dimiliki atas nama dua orang. Jadi, kedua pemilik memiliki hak yang sama untuk menarik uang tersebut. Rekening bersama juga bisa diartikan sebagai rekening yang diatasnamakan hanya pada satu orang namun bisa diambil untuk keperluan rumah tangga.

Untuk menghindari konflik rumah tangga saat memiliki rekening bersama, sebaiknya Anda memperhatikan hal-hal berikut ini:

  • Diskusikan tujuan Anda membuka rekening bersama dengan pasangan Anda. Tapi jangan lewatkan untuk tetap membicarakan rencana ke depan jika ternyata Anda berdua memang harus berpisah, apa yang harus dilakukan dengan rekening tersebut.
  • Konfirmasikan dengan jelas pada pasangan Anda untuk keperluan apa saja uang dalam rekening itu akan digunakan.
  • Diskusikan dengan pasangan Anda siapa yang akan memasukkan uang ke dalam rekening tersebut dan berapa besarnya. Jika dilakukan secara patungan, tentukan berapa persen komposisinya agar adil dan merata bagi Anda berdua.
  • Bila rekening bersama Anda berdua akan digunakan untuk membayar pengeluaran-pengeluaran bulanan, maka saldo uang yang ada dalam rekening bersama sebaiknya sebesar minimal sebulan pengeluaran rutin rumah tangga Anda.
  • Lakukan evaluasi setiap bulannya untuk pengeluaran-pengeluaran yang telah Anda berdua lakukan. Anda juga bisa mengeceknya melalui rekening koran yang dikeluarkan oleh pihak bank.
  • Persiapkan diri Anda jika terjadi hal terburuk yang Anda takutkan, yaitu penggunaan uang yang tidak sesuai kesepakatan. Kalau sampai hal itu benar-benar terjadi, tetap hadapi dengan kepala dingin. Jangan sampai karena masalah uang, rumah tangga Anda malah hancur berantakan.
Sumber : conectique
Halaman :
1

Ikuti Kami