Siapkan Kamar Tidur Anak Anda

Siapkan Kamar Tidur Anak Anda

Daniel Official Writer
2128

Jika anak Anda sudah mulai beranjak dewasa dan sudah saatnya untuk tidur sendiri di kamarnya, kita sebagai orang tua harus mempersiapkan dan menata kamar anak Anda sesuai tingkatan usianya. Sebab, anak memiliki kebutuhan dan kepentingan yang berbeda sesuai dengan perkembangannya. Hal-hal yang perlu diperhatikan ketika mempersiapkan kamar anak Anda :

1. Pastikan kamar tersebut memiliki ventilasi cukup baik, sehingga kamar anak tidak pengap dan selalu mendapat cahaya dan udara segar.

2. Perhatikan keamanan kamar tersebut karena anak-anak biasanya sangat aktif. Jika anak Anda masih berusia kurang dari 4 tahun, jangan meletakkan terlalu banyak perabot agar ia bisa  leluasa saat bermain di kamar. Pastikan tidak ada kabel yang berantakan atau stop kontak yang terbuka.

3. Siapkan ranjang yang tidak terlalu tinggi. Jika perlu pasanglah pengaman di samping tempat tidurnya agar ia tidak terjatuh saat tidur.

4. Beri hiasan-hiasan yang menarik seperti poster-poster dari tokoh kesayangan anak Anda atau gambar-gambar edukatif seperti gambar aneka jenis binatang dan alfabet besar yang menyolok.

5. Usahakan agar jendela kamarnya memiliki teralis atau kisi-kisi untuk mengantisipasi anak memanjat keluar jendela.

6. Pilih perabot kamar yang ujungnya membulat. Usahakan juga agar tarikan laci (knob) tidak menonjol keluar.

7. Pada kamar anak prasekolah tambahkan meja belajar agar ia bisa menyimpan pernak-pernik serta foto-foto orang tua dan kakak adiknya.

8. Jangan meletakan computer atau televisi di dalam kamar anak. Biasakan anak menonton televisi dan bermain komputer di ruang keluarga atau ruang kerja Anda supaya Anda bisa selalu mengontrol apa yang ditonton oleh  anak Anda.

Jika Anda telah menyiapkan kamar anak Anda dengan baik maka diharapkan anak Anda akan nyaman dan siap untuk tidur di kamarnya sendiri.

Sumber : conectique.com/dan
Halaman :
1

Ikuti Kami