Hakim Haiti Bebaskan 10 Misionaris AS

Internasional / 13 February 2010

Kalangan Sendiri

Hakim Haiti Bebaskan 10 Misionaris AS

Daniel Official Writer
3491

Hakim di Haiti mengeluarkan rekomendasi bahwa 10 orang misionaris yang ditahan di negara tersebut atas tuduhan menyelundupkan anak-anak harus dibebaskan. Kesepuluh warga AS itu telah dipenjara sejak mereka ditangkap di perbatasan Haiti dengan Republik Dominika pada 29 Januari lalu. Mereka bakal dibebaskan secepatnya pada Kamis, 11 Februari waktu setempat. Demikian disampaikan sumber pengadilan seperti dilansir kantor berita Reuters, Kamis (11/2).

Para misionaris itu sebagian besar merupakan anggota gereja Baptist yang berbasis di Idaho ini dituduh menculik 33 anak Haiti dan mencoba membawa mereka keluar dari negara miskin itu melintasi perbatasan Republik Dominika. Namun mereka membantah tuduhan tersebut dan mengaku mereka hanya berniat membantu anak-anak tersebuh dan membawa mereka ke panti asuhan.

Hakim Bernard Sainvil menyatakan misionaris itu harus dibebaskan sementara waktu meskipun kasusnya tetap diperiksa. Hakim mengambil keputusan tersebut setelah mendengarkan bukti-bukti dari para orang tua yang mengatakan mereka tidak memiliki makanan dan air untuk anak-anak mereka sehingga mereka secara sukarela menyerahkan anak-anaknya karena yakin mereka akan memiliki kehidupan lebih baik bersama misionaris. Dan para orang tua tersebut memohon pembebasan para misionaris.

Lebih dari 200 ribu orang tewas akibat gempa berkekuatan 7 Skala Richter yang mengguncang Haiti pada 12 Januari lalu. Sekitar satu juta jiwa harus kehilangan tempat tinggal dalam gempa terdahsyat di wilayah tersebut. Banyak orang Haiti yang saat ini membutuhkan makanan, air dan juga tempat berteduh. Uluran tangan Anda bisa meringankan beban mereka. Anda bisa menyalurkan bantuan melalui penggalangan dana Jawaban Kasih untuk Haiti .

Sumber : berbagai sumber/dan
Halaman :
1

Ikuti Kami