Prinsip Menjadi Orang Unggul

Career / 12 February 2010

Kalangan Sendiri

Prinsip Menjadi Orang Unggul

Lestari99 Official Writer
3054

Dr. Liza Siegel selaku staf psikologi dalam reality show ‘The Apprentice' mengamati penyebab para kontestan berada di bawah tekanan. Melalui hal itulah beliau mengaplikasikan prinsip-prinsip berikut untuk menghasilkan pribadi yang unggul dalam kehidupan. Keuletan merupakan hal yang sangat penting untuk dimiliki seseorang dan berikut adalah tips-tips bijaknya.

Persiapkan segala sesuatunya. Jika Anda adalah orang yang berorientasi pada masalah,maka itu bukanlah hal yang buruk. Dan bukan berarti Anda adalah seorang yang pesimis. Namun dengan berorientasi pada masalah, justru akan membantu Anda untuk siap menghadapi kegagalan yang mungkin datang. Apa yang Anda mulai pada awalnya pasti penuh dengan resiko. Lihatlah segala hal yang positif dari hal itu dan juga eksplorasi setiap perangkap yang ada.

Pertimbangkan beberapa alternatif. Kesabaran dan kepercayaan diri sangat dibutuhkan agar Anda melihat kegagalan sebagai sebuah tantangan daripada melarikan diri dari kegagalan tersebut. Keyakinan pada kemampuan yang Anda miliki akan mempengaruhi cara Anda berpikir, merasakan dan bertingkah laku. Berfokuslah pada situasi di masa lalu ketika Anda baru saja melakukan hal yang sama. Ketika halangan timbul, krisis justru dapat mendatangkan manfaat.

Tertawalah. Tidak ada yang salah dengan tertawa, jadi lakukanlah. Mengatasi tantangan membutuhkan imajinasi dan kreativitas. Dengan menjaga keoptimisan, Anda membentuk mood untuk mendapatlkan ide baru dan alternatif yang berdaya cipta. Memiliki selera humor justru dapat memicu pemikiran yang lebih luas lagi. Rasa humor menempatkan seseorang pada ketenangan, meminimalkan stres, dan mengurangi konflik sehingga Anda bisa memecahkan masalah yang sedang Anda hadapi.

Meredakan perdebatan. Ketika Anda sedang mengatasi sebuah masalah dengan kelompok yang argumentatif, pertimbangkan untuk menetralkan tim yang negatif dengan menawarkan saran yang positif. Hal ini akan membuat segala sesuatu berjalan di arah yang positif. Anda bisa memulainya dengan mengubah ide yang terbatas yang mungkin menghalangi Anda untuk menjadi orang yang ulet. Anda bisa menemukan peluang di tengah kemalangan dan pertahankan sikap "bagaimana jika" daripada melontarkan sikap "saya tidak bisa".

Sumber : perempuan
Halaman :
1

Ikuti Kami