Serai, Pengusir Nyamuk Alami

Solusi Sehat / 12 February 2010

Kalangan Sendiri

Serai, Pengusir Nyamuk Alami

Daniel Official Writer
9393

Penyemprot nyamuk dari bahan kimia yang biasa Anda pakai, justru akan menimbulkan masalah kesehatan yang lain. Namun jangan kuatir, mulai saat ini Anda bisa mengantinya dengan yang lebih alami dan mudah untuk membuatnya. Anda pasti mengenal ‘serai wangi'. Tanaman jenis rumput-rumputan ini lebih dikenal sebagai bumbu masak atau bahan campuran jamu ini ternyata  juga bisa dimanfaatkan sebagai pengusir nyamuk.

Serai wangi atau Cymbopogon nardus memiliki kandungan zat sitronelal yang dapat membunuh nyamuk karena memiliki sifat racun kontak (aroma), yang membuat nyamuk kehilangan cairan secara terus-menerus dan akhirnya mati, mampu membunuh nyamuk penyebab penyakit demam berdarah.

Cara membuatnya pun sangat mudah. Anda hanya perlu mencuci dan meniriskan hingga kering, 1 kg daun dan batang serai wangi. Kemudian proses dalam blender sampai halus, lalu masukan ke dalam wadah yang telah diisi air sebanyak 250 ml. Diamkan selama semalaman. Setelah itu, saring dan masukkan ke dalam botol, lalu encerkan dengan aquades. Saat akan digunakan, tuangkan ekstrak serai wangi ke dalam alat penyemprot, lalu semprotkan ke tempat dimana nyamuk-nyamuk bersembunyi. Ramuan ini sangat ampuh membunuh nyamuk dan tidak mengandung bahan-bahan kimia yang berbahaya bagi tubuh kita.

Sumber : conectique.com/dan
Halaman :
1

Ikuti Kami