Capai Sukses Anda Dengan Satu Kalimat

Career / 9 February 2010

Kalangan Sendiri

Capai Sukses Anda Dengan Satu Kalimat

Puji Astuti Official Writer
3027

Tahukah Anda bahwa kehidupan dan pekerjaan Anda bisa berubah hanya karena sebuah kalimat? Tentunya kalimat ini bukanlah kalimat jampi-jampi atau mantra. Menurut penulis buku "Drive" Daniel Pink, memiliki statemen misi tentang karir dan apa yang ingin Anda capai dapat mengubah arah hidup Anda.

Disini, Daniel mengatakan bahwa jika Anda benar-benar berfokus pada apa yang ingin Anda capai, Anda dapat menggunakan kalimat untuk menavigasi kehidupan Anda. Pernyataan misi tersebut tidak harus benar-benar mendalam dan filosofis, tapi bisa saja kalimat pendek namun benar-benar menggambarkan apa yang ingin Anda capai. Salah satu contoh adalah "Saya mengajar dua generasi anak-anak bagaimana membaca". Pentingnya pernyataan itu bukan pada kata-kata, tetapi bagaimana Anda mengetahui siapa jati diri Anda dan ke mana Anda akan pergi. Pengertian ini memberikan kejelasan arah yang Anda butuhkan untuk menyelesaikan hal-hal jangka panjang. Jadi tanyakan pada diri Anda, apa yang menjadi pernyataan misi Anda?

Kedua, bagian penting dari memiliki sebuah pernyataan misi, menurut Daniel Pink, adalah dengan bertanya, "Apakah aku lebih baik pada hari ini daripada kemarin?" Jika Anda meluangkan waktu untuk bertanya pada diri sendiri pertanyaan itu setiap hari Anda akan melihat kemajuan yang Anda buat. Hal ini juga memberi Anda motivasi untuk meningkatkan kegiatan sehari-hari Anda dalam karir, bisnis atau kehidupan. Terlalu banyak orang merasa kewalahan dengan gagasan untuk mencapai hal-hal besar dengan segera. Menjadi hebat benar-benar hanya masalah waktu dan latihan. Jika Anda memperbaiki diri dari waktu ke waktu dan jika Anda dapat menerima tantangan baru maka Anda sudah berhasil.

Beberapa orang mungkin berpikir bahwa membuat kalimat misi itu sulit karena ada begitu banyak hal yang ingin mereka capai. Berikut ini beberapa langkah untuk memulai:

  • Fokus pada satu hal yang Anda paling membuat Anda bersemangat.

  • Apa yang ingin Anda capai dalam bidang ini?

  • Siapa orang yang Anda coba untuk layani?

Selanjutnya rumuskan dalam sebuah kalimat : Saya akan bekerja bersama dengan ______ yang ingin mencapai _________. Saya adalah orang yang ditentukan untuk __________.

Kalimat tersebut memberi Anda titik awal dimana Anda harus memulai, dan membuat rencana harian. Dari titik tersebut Anda dapat melihat rencana jangka panjangnya dan bagaimana Anda mencapainya satu demi satu.

Jadi, mulailah dari satu kalimat dan capailah keberhasilan dalam hidup Anda. Sukses bersama Anda.

Sumber : Youngmoney.com
Halaman :
1

Ikuti Kami