Program Kampung Kerbau Di Provinsi Banten

Nasional / 8 February 2010

Kalangan Sendiri

Program Kampung Kerbau Di Provinsi Banten

Daniel Official Writer
2940

Mungkin terinpirasi oleh kesuksesan Si Bu Ya, kerbau yang dibawa oleh demontran pada tanggal 28 Januari lalu, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten pada 2010 telah memprogramkan pembentukan "Kampung Kerbau". Demikian diungkapkan oleh Kepala Disnakeswan Kabupaten Pandeglang, Taufik Hidayat.

Taufik mengatakan bahwa rencana pembentukan Kampung Kerbau itu sudah diusulkan kepada Kementerian Pertanian, dan berharap ada bantuan dari pemerintah pusat agar pelaksanaannya bisa lebih maksimal. Di Pandeglang sendiri sebenarnya sudah ada ‘Kampung Domba' yang dinilai cukup berhasil bahkan sudah dijadikan percontohan nasional seperti  Kampung Domba di Desa Cinyurup Kecamatan Karangtanjung. Dia berharap kampung kerbau juga akan berhasil.

Mengenai populasi kerbau, menurut dia, saat ini masih relatif sedikit yakni sekitar 2.930 ekor yang tesebar di 35 kecamatan di daerah itu dan pelihara oleh masyarakat secara sampingan. Ia juga menjelaskan, populasi hewan ternak besar itu terbanyak berada di Kecamatan Pandeglang sebanyak 323 ekor, Labuan 149 ekor, Mandalawangi 149 ekor, Pulosari 136 ekor dan Menes 129 ekor.

Pangdeglang memiliki cukup banyak hutan sehingga itu memudahkan warga untuk mencari pakan selain juga menanam rumput sendiri. Jika Kampung Domba bisa dikembangkan maka tidak menutup kemungkinan Kampung Kerbau juga akan berhasil dikembangkan di sana. Semoga hal ini bisa menjadi perhatian bagi permerintah.

Sumber : kompas.com/dan
Halaman :
1

Ikuti Kami