Mau Umur Panjang? Belajar Dari Yang Tua

Mau Umur Panjang? Belajar Dari Yang Tua

Puji Astuti Official Writer
3284

Jika Anda ingin meningkatkan kesehatan Anda dan memiliki umur panjang, mengapa tidak melihat ke seluruh dunia ke tempat-tempat dimana orang berumur panjang, hidup sehat dan mencoba meniru apa pun yang mereka lakukan? Itulah yang dilakukan Dan Buettner lakukan. Dia adalah penulis The Blue Zones: Lessons for Living Longer From the People Who've Lived the Longest. Dan Buettner mengumpulkan sample dimana orang-orang hidup berumur panjang. Daerah-daerah itu ia sebut "zona biru", contohnya  adalah Sardinia, Okinawa, Kosta Rika (Semenanjung Nicoya), Ikaria (sebuah pulau Yunani), dan Loma Linda, California. Para penduduk daerah ini memiliki kesamaan mencakup berolahraga secara teratur, makan lebih banyak sayuran dan sedikit makan daging, terlibat dalam jaringan sosial, dan memiliki tujuan hidup.

Buettner bergabung dengan AARP The Magazine untuk melihat apakah ia dapat menciptakan sebuah lingkungan dan gaya hidup sehat ini bagi 18.000 penduduk di Albert Lea, Minnesota. Ini benar-benar merubah sebuah kota, proyek ini merubah restoran, sekolah, bisnis, orang tua, dan para pemimpin kota. Mereka menjadikan sepeda dan berjalan kaki sebuah kebiasaan, membuat menu restoran lebih bergizi, junk food dilarang di sekolah-sekolah, dan menciptakan proyek-proyek seperti kebun bagi komunitas dan lokakarya yang membantu orang menjadi lebih terlibat dengan satu sama lain. Setelah lima bulan " Proyek Vitalitas " ini berakhir pada bulan Oktober 2009, total 3.464 warga telah berpartisipasi. Diproyeksikan rata-rata umur penduduk di daerah tersebut naik  2,9 tahun dan warga melaporkan merasa lebih baik secara fisik dan emosional.

Pendekatan ini membuat begitu masuk akal karena jika dilihat dari statistic, berbagai penyakit dan sebab kematian disebabkan oleh gaya hidup yang buruk. Dimulai dari tidak berolahraga, makan makanan cepat saji, dan terlalu sibuk dengan pekerjaan yang memicu stress. Jadi, jika Anda ingin hidup berumur panjang, caranya mudah. Ubahlah gaya hidup Anda menjadi gaya hidup yang sehat.

Sumber : huffingtonpost.com
Halaman :
1

Ikuti Kami