Olah Raga Berlebihan Bebani Jantung

Info Sehat / 7 February 2010

Kalangan Sendiri

Olah Raga Berlebihan Bebani Jantung

Daniel Official Writer
3753

Saat ini bagi beberapa orang, olah raga sudah menjadi gaya hidup. Namun jangan sampai olah raga membebani tubuh dan jantung Anda. Jika Anda berolah raga dan keesokan harinya tubuh Anda menjadi sakit dan kelelahan, mungkin Anda perlu pertimbangkan lagi cara Anda berolah raga. Demikian diungkapkan Dr Michael Triangto, SpKO, ahli kedokteran olahraga.

Olah raga seharusnya ditujukan untuk kesehatan. Coba tanyakan pada diri Anda, apakah jalan kaki setengah jam telah membuat badan Anda kepayahan. Olahraga jangan sampai membuat tubuh kepayahan agar tidak membebani jantung dan membuat jantung Anda membesar.

Perbesaran jantung bisa terjadi pada latihan beban yang berlebihan. "Latihan beban yang aman itu seharusnya membuang napas saat mengangkat beban agar jantung tidak membesar," kata Dr Michael. Menahan napas saat mengangkat beban justru membuat udara tidak bisa keluar dari jantung. Ini yang membuat jantung membesar.

Perlu berhati-hati karena pembesaran jantung ini tidak memberikan gejala atau keluhan tertentu. Selama masih aktif olahraga, pembesaran jantung ini tidak mendatangkan masalah dan baru terasa bila kelak berhenti berolahraga.

Sumber : kompas.com/dan
Halaman :
1

Ikuti Kami