Mengatasi Work Blues

Career / 6 February 2010

Kalangan Sendiri

Mengatasi Work Blues

Daniel Official Writer
3875

Pekerjaan numpuk dan dikejar deadline, rekan kerja yang tidak kooperatif, serta atasan yang perfeksionis adalah hal yang tidak diinginkan oleh setiap pekerja. Keadaan ini sering disebut dengan 'Work Blues'. Kalau Anda mengalami hal ini pikiran pertama yang terlintas adalah segera keluar dan mencari tempat kerja baru. Tetapi abaikan keinginan itu karena ada cara sederhana untuk mengatasi hal tersebut dan mengubah suasana hati Anda menjadi jauh lebih baik :

 1. Tersenyumlah. Jika Anda mengalami hari yang buruk di tempat kerja, tersenyumlah. Karena menurut Dr. Susan Fletcher, seorang psikolog sekaligus penulis buku Working in the Smart Zone: Smart Strategies to Be a Top Performer at Work and at Home, memaksa diri untuk tersenyum merupakan cara tercepat untuk menangkal at-work blues. Dengan tersenyum Anda akan membuat diri Anda dan orang lain bahagia.

2. Letakkan Barang Kesayangan Anda di Meja Kerja. Sebagai contoh, ganti screen saver layar komputer Anda dengan foto orang-orang yang Anda sayangi, seperti anak-anak, suami, kekasih, hewan peliharaan, atau foto ketika Anda sedang berlibur bersama para sahabat. Benda-benda ini mempunyai kekuatan untuk membuat Anda bahagia.

3. Perkatakan hal yang positif kepada diri Anda sendiri. Berikan diri Anda afirmasi positif dan rasa syukur ketika harus menghadapi bos yang sulit, saran Dr. Carol Kryder, seorang psikolog klinis dan pakar kesehatan mental di situs JustAnswer.com. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah bersyukur atas pelajaran apa saja yang dapat dipetik dari pekerjaan ini. Langkah selanjutnya, ucapkan afirmasi positif seperti ''ini hanya sementara'' atau ''pekerjaan ini adalah batu loncatan  kepada diri Anda.

Jadi jangan buru-buru putus asa bila menghadapi situasi yang buruk di tempat kerja Anda karena karakter Anda sedang dibentuk menjadi lebih kuat untuk bisa mengatasinya.

Sumber : mediaindonesia.com/dan
Halaman :
1

Ikuti Kami