Manfaat Sedikit Makan Daging

Gizi & Nutrisi / 6 February 2010

Kalangan Sendiri

Manfaat Sedikit Makan Daging

Puji Astuti Official Writer
4907

Bagi ibu rumah tangga, pasti manfaat utama sedikit mengkonsumsi daging bagi seluruh keluarganya adalah lebih irit ketika belanja. Namun tidak hanya itu, selain sehat anggaran belanja, hanya sedikit mengkonsumsi daging juga membuat sehat tubuh kita.

Jika daging diganti dengan sayuran, kacang-kacangan dan biji-bijian - bukannya daging, hal ini akan menjadi lebih baik bagi tubuh.

Faktor kesehatan
Sebuah diet nabati, yang menekankan buah-buahan dan sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan dan polong-polongan, yang kaya serat, vitamin dan nutrisi lainnya dan orang-orang yang hanya makan makanan nabati - alias, vegetarian - umumnya makan lebih sedikit kalori dan sedikit lemak, badan lebih kurus, dan memiliki kadar kolesterol lebih rendah daripada nonvegetarians.
Hanya memakan sedikit daging memiliki efek perlindungan. Sebuah studi pada Institut Kanker Nasional dari 500.000 orang menemukan bahwa mereka yang makan 4 ons (114 gram) daging merah atau lebih setiap hari lebih dari 10 tahun, 30 persen lebih cepat meninggal daripada mereka yang lebih sedikit mengkonsumsi. Makan siang daging, sosis, dan daging olahan lain juga meningkatkan risiko. Mereka yang kebanyakan makan ayam atau ikan memiliki risiko kematian lebih rendah.

Berapa banyak protein yang Anda butuhkan?
Faktanya adalah bahwa kebanyakan orang Amerika cukup protein dalam diet mereka. Orang dewasa umumnya perlu 10-35 persen dari total kalori harian mereka berasal dari protein. Berdasarkan 2.000 kalori diet per hari, jumlah ini menjadi sekitar 50-175 gram per hari. Tentu saja, Anda bisa mendapatkan protein dari sumber lain selain daging - sumber yang seringkali lebih murah. Lihatlah contoh-contoh ini:

  • Telur. Telur besar memiliki 6 gram protein.
  • Susu. Segelas susu memiliki sekitar 8 gram protein.
  • Cottage keju. Banyak keju yang tinggi lemak, dan mahal, tapi keju cottage menyediakan alternatif yang lebih sehat.
  • Tahu.

Cobalah makan tanpa daging sekali atau dua kali seminggu
Sebagai gantinya, cobalah mencari makanan tanpa daging. Jika Anda tidak menyukai ide satu hari tanpa daging, mulailah dengan beberapa makan malam tanpa daging setiap minggu.


Ketika daging adalah menu utama
Bila Anda termasuk pemakan daging, jangan berlebihan. Satu porsi protein tidak boleh lebih dari 3 ons (85 gram) - atau kira-kira ukuran sebesar setumpuk kartu - dan harus mengambil tidak lebih dari seperempat dari piring makan Anda. Sayuran dan buah-buahan harus mencakup setengah piring Anda, dengan biji-bijian mengisi sisanya.

Flexing untuk kesehatan Anda
Istilah "flexitarian" telah diciptakan untuk menggambarkan seseorang yang kebanyakan makan makanan nabati tetapi kadang-kadang makan daging, unggas dan ikan. Cara makan semacam sehat bagi jantung dan termasuk diet Mediterania - yang membatasi daging merah dan menekankan buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian dan lemak sehat - dan telah terbukti mengurangi risiko penyakit jantung dan kondisi kronis lainnya. Jadi, mengapa tidak mulai sekarang Anda me

Sumber : mayoclinic.com
Halaman :
1

Ikuti Kami