Andalah Pemegang Kendali Karir Anda

Career / 5 February 2010

Kalangan Sendiri

Andalah Pemegang Kendali Karir Anda

Lestari99 Official Writer
2752

Jangan pernah minder dengan diri Anda sendiri. Banggalah dengan diri Anda dan bakat yang Anda miliki. Jangan andalkan orang lain untuk memberikan kepada Anda apa yang belum bisa Anda dapatkan dengan usaha Anda sendiri. Perusahaan tempat Anda bekerja memang memberikan peluang terbaik bagi perkembangan Anda. Namun sebenarnya Andalah yang memegang kendali pada karir Anda sendiri. Prestasi Anda adalah pintu masuknya.

Berikut beberapa strategi untuk mengambil kendali atas karir Anda:

Bangun diri Anda sendiri sebagai aset. Terkadang Anda harus melangkah keluar dari peran yang Anda jalani untuk melihat hal lain secara lebih jelas. Bisa saja Anda menawarkan diri untuk menjadi relawan memimpin kelompok sumber daya karyawan, atau proyek khusus, atau mengidentifikasikan kebutuhan dalam perusahaan dan memberikan solusi pada tim Anda.

Tetapkan kesuksesan Anda. Sukses adalah mampu melanjutkan segala sesuatu yang menjadi prioritas, yaitu menjadi proaktif dan mengambil tindakan sebelum seseorang mendekati Anda. Anda harus tahu kemana Anda ingin pergi. Ketahui dengan jelas apa yang Anda inginkan dan percaya selama Anda sudah meraihnya, Anda sudah sukses.

Buat suara Anda didengar di saat yang tepat. Pemilihan waktu yang tepat adalah segalanya. Jika seseorang sedang berada dalam sikap bertahan dan Anda dapat melihat bukan saat yang tepat untuk mengungkapkan pendapat Anda, akan lebih baik jika Anda mundur terlebih dahulu. Bahas kembali persoalan tersebut jika mereka sudah lebih bisa menerimanya. Jelaskan situasinya, apa yang Anda rasakan mengenai hal tersebut dan bagaimana Anda bisa diajak bekerja sama untuk maju.

Temukan seorang juara. Jika Anda bekerja keras, maka Anda akan mendapatkan reward pada akhirnya. Tapi sebenarnya Anda juga memerlukan sponsorship - beberapa orang yang bisa bekerja atas nama Anda dan bisa menyokong Anda. Beberapa orang mungkin secara aktif mencari, tapi dengan prestasi yang Anda tunjukkan maka orang-orang akan mengakui Anda. Mereka akan mengakui kualitas kerja Anda sehingga para juara pun terbentuk di sekeliling Anda.

Sumber : perempuan
Halaman :
1

Ikuti Kami