Jangan Remehkan Catatan Kesehatan Anda !

Solusi Sehat / 4 February 2010

Kalangan Sendiri

Jangan Remehkan Catatan Kesehatan Anda !

Budhi Marpaung Official Writer
4523

Memiliki tubuh yang selalu fit dan bisa melakukan berbagai macam aktivitas adalah idaman setiap manusia, tetapi seringkali apa yang terjadi tidak sesuai dengan apa yang diharapkan. Salah satu kesalahan yang sering dilakukan adalah mengabaikan catatan kesehatan yang ia miliki selama ini.

Bagi sebagian orang, apalah artinya catatan-catatan dari dokter atau pihak rumah terhadap dirinya, tetapi jika Anda mengetahui kegunaannya Anda tidak akan lagi mengabaikan catatan kesehatan pribadi Anda.

Catatan kesehatan pribadi bukanlah sekedar tulisan tangan atau ketikan yang di-print oleh pihak rumah sakit. Melainkan kumpulan informasi mengenai riwayat kesehatan Anda. Bila Anda datang ke dokter atau rumah sakit yang berbeda-beda saat mengalami gangguan kesehatan yang berbeda juga, maka kumpulan huruf-huruf itu akan menjadi arsip yang dapat membantu dokter atau pihak rumah melacak dan menentukan diagnosa penyakit yang Anda derita.

Pertanyaannya, catatan kesehatan apa yang harus disimpan? Nama dokter, nama rumah sakit, jenis obat-obatan yang dikonsumsi, tanggal kunjungan ke klinik atau rumah sakit, dan penyakit yang dikeluhkan pada saat itu, tanggal operasi (jika memang pernah melakukannya). Sederhana bukan, tetapi itu sudah cukup menyelamatkan jiwa Anda dari berbagai kesalahan yang disebabkan oleh salah diagnosa.

Sumber : Kompas/bm
Halaman :
1

Ikuti Kami