Ubud Kalahkan Bangkok Dan Hongkong

Nasional / 3 February 2010

Kalangan Sendiri

Ubud Kalahkan Bangkok Dan Hongkong

Lestari99 Official Writer
3087

Indonesia patut kembali bangga akan alam wisatanya. Pariwisata Bali pun kian terkenal di mancanegara. Bagaimana tidak, sebagai salah satu tujuan wisata Ubud dinobatkan sebagai kota terbaik se-Asia mengalahkan Bangkok dan Hongkong. Penghargaan ini diberikan oleh majalah Conde Nast Traveler.

Berdasarkan pemilihan tahunan dari para pembaca majalah tersebut, Ubud memiliki skor 82,5 dari total skor penuh 100. Tempat kedua diduduki oleh Bangkok dengan skor 82,2, tempat ketiga Hong Kong dengan skor 81,3 diikuti oleh Chiang Mai (80,9), Kyoto (80,2), Singapura (79,6), Shanghai (75,9), Jaipur (74,2), Tokyo (72,9) dan Hanoi (69).

Pada pemilihan di tahun 2008, Ubud tidak termasuk dalam daftar peringkat. Kota terbaik se-Asia dipegang oleh Bangkok disusul oleh Chiang Mai di posisi kedua dan Hong Kong di posisi ketiga. Namun di tahun 2009, Ubud langsung menduduki peringkat teratas dengan skor tertinggi dalam kriteria keramahtamahan. Kriteria yang ditetapkan dalam pemilihan ini dilihat dari atmosgir/suasana, budaya/situs, keramahtamahan, akomodasi, restoran dan belanja.

Menyambut penghargaan ini, sebuah perayaan pun digelar pada Sabtu (30/1) di Puri Ubud. Masyarakat dan tokoh Ubud menyaksikan langsung serah terima penghargaan berupa plakat kepada perwakilan dari masyarakat Ubud. Ubud sendiri saat ini dihuni sekitar 8.000 jiwa.

Kalau saja pariwisata Indonesia digarap serius oleh pihak terkait, bisa jadi tidak hanya Ubud yang akan menerima penghargaan ini namun juga daerah lainnya yang keindahan alamnya tidak kalah menakjubkannya dengan Ubud.

Sumber : detiknews
Halaman :
1

Ikuti Kami