Mood disorder

Psikologi / 3 February 2010

Kalangan Sendiri

Mood disorder

Daniel Official Writer
4268

"Wah, aku lagi ga mood nih". ‘Mood', Anda pasti sering mendengar atau menggunakan kata ini. Apa kata psikolog tentang mood ini. Dalam  Wikipedia ditulis, mood adalah keadaan emosi (state of emotion) yang berlangsung secara relatif, yang sebab-sebabnya seringkali subyektif atau tidak jelas. Dalam bukunya Philip G. Zimbardo (Psychology and Life: 1979) mengatakan bahwa mood adalah keadaan emosi tertentu yang tidak masuk dalam kategori state (emosi yang dipicu oleh faktor eksternal tertentu) atau trait (bentuk emosi yang menjadi bawaan seseorang).

Perubahan mood kerap mempengaruhi gairah Anda untuk  melakukan sesuatu atau bahkan bisa mempengaruhi keputusan dan tindakannya. Sejauh pengaruh itu tidak menyangkut ke urusan yang penting dan sangat menentukan, mungkin masih bisa kita bilang biasa. Sangat berbahaya jika hidup kita hanya dikendalikan oleh mood. Karena setiap tindakan dan keputusan yang kita ambil akan cepat berubah, gara-gara mood kita berubah sehingga kita tidak mendapatkan kemajuan yang berarti dalam hidup ini.

Bila hal itu terjadi kemungkinan Anda mengidap ‘Mood Disorder'. Menurut Dr. C. George Boeree, dari Shippensburg University, mood disorder adalah perubahan mood yang ektrim yang tidak sehat atau kacau, misalnya terlalu girang atau terlalu sedih (sadness and elation). Mood Disorder bisa membuat seseorang melakukan tindakan-tindakan berbahaya seperti berkendara dengan ugal-ugalan, merusak barang-barang dan sebagainya. Dalam pekerjaan orang tersebut tidak bertanggung jawab dan berpotensi merusak hubungan dengan orang lain. Sekarang Anda sudah tahu bahwa mood disorder dapat menimbulkan bahaya dan kerusakan. Hal ini bukan masalah biasa lagi sehingga Anda harus mampu mengendalikan mood Anda.

Sumber : e-psikologi.com/dan
Halaman :
1

Ikuti Kami