Tips Lepas Dari Kecanduan Kartu Kredit

Investment / 3 February 2010

Kalangan Sendiri

Tips Lepas Dari Kecanduan Kartu Kredit

Budhi Marpaung Official Writer
4037

Bagi beberapa hal, kata ‘kecanduan' bermakna positif, namun sekarang ini kata tersebut bermakna ke hal-hal yang negatif, seperti kecanduan narkotika, kecanduan seks, atau kecanduan permainan online. Di dalam bidang keuangan, "kecanduan" juga dikenal seperti yang satu ini, yakni kecanduan memakai kartu kredit.                     

Tidak banyak yang sadar khususnya pengguna kartu kredit bahwa hidup mereka sudah terikat dengan benda mati tersebut. Mereka biasanya baru "ngeh" bila tagihan datang dari bank. Tidak sedikit banyak orang yang mengambil keputusan untuk bunuh diri karena tidak kuat membayar tagihan kartu kredit.

Bagi Anda yang sedang menggunakan kartu kredit atau pecinta kartu kredit ada baiknya Anda mengikuti tips berikut agar "bencana" yang disebabkan oleh benda persegi panjang itu tidak menimpa Anda. Berikut tips lepas dari kecanduan kartu kredit:

1. Atur keuangan, bayar semua utang!

Begitu Anda menerima gaji atau penghasilan tambahan tiap bulannya, segeralah sisihkan uang tersebut untuk membayar utang kartu kredit. Bila Anda mempunyai lebih dari satu kartu kredit, prioritaskan beban kartu kredit yang memiliki bunga tinggi. Disiplinlah dalam hal ini. Begitu semuanya sudah lunas, mulailah jauhkan penggunaan kartu kredit di dalam hidup Anda.

2. Merencanakan pengeluaran bulanan sesuai pos

Setiap orang yang memiliki penghasilan diharuskan memiliki perencanaan pengeluaran bulanan. Buatlah pos-pos pengeluaran dan mulai anggarkan berapa besar masing-masing pos itu. Salah satu yang biasa dilakukan adalah dengan menyediakan amplop yang telah ditulis penggunaanya untuk apa.

3. Mengubah pola hidup

Salah satu yang menjadi masalah di dalam kehidupan keuangan seseorang atau pasangan adalah gaya hidup. Seringkali hal-hal yang menjadi prestise Anda adalah yang membuat Anda terjatuh. Pergi ke Mal yang menyelenggarakan sale besar-besaran setiap minggunya adalah bentuk pemborosan, tetapi seringkali dilakukan oleh kaum perempuan. Bila sudah berada disana, perempuan menggunakan uangnya tanpa peduli sejauh mana bisa membayar utang dan bunganya. Hidup tanpa kartu kredit sebenarnya bentuk pengorbanan atas kepuasan sesaat untuk mendapatkan tujuan jangka panjang yang lebih menguntungkan.

4. Gunakan kartu debit jika dibutuhkan

Untuk mengatasi kebutuhan akan kepraktisan dalam membayar, kartu debit bisa menjadi alternatif. Kalau Anda merasa "takut" membayar uang dalam jumlah banyak maka kartu debit bisa melakukan apa yang dilakukan uang tunai Anda. Keuntungannya Anda tidak perlu berutang karena uang di rekening bank Anda sendiri yang digunakan untuk membayar kebutuhan. Hampir setiap toko sudah menyediakan layanan ini, jadi tak ada alasan Anda masih kecanduan kartu kredit.


5. Berkomitmen menyisihkan gaji untuk tabungan

Tidak ada yang dapat membantah bahwa menabung adalah cara terbaik membangun masa depan yang lebih baik. Mulailah sisihkan gaji dan penghasilan tambahan Anda ke tabungan yang Anda miliki. Anda tidak akan sadar bahwa saldo rekening bank Anda akan terus bertambah sehingga ketika membutuhkan dana darurat untuk hal-hal darurat misalnya, Anda tidak tertekan dengan utang karena bergantung pada kartu kredit.

Semoga tips diatas dapat membantu dan memberikan manfaat dalam kehidupan Anda.

Sumber : Kompas.com/bm
Halaman :
1

Ikuti Kami