Hyperparenting

Parenting / 1 February 2010

Kalangan Sendiri

Hyperparenting

Daniel Official Writer
3526

‘Hyperparenting' adalah tindakan-tindakan yang dilakukan orang tua  yang dinilai baik untuk anak mereka tanpa memperhatikan kebutuhan dan kemampuan anak mereka. Hal ini biasanya dilatarbelakangi oleh kekhawatiran orang tua akan masa depan anak mereka. Hati-hati, jangan sampai Anda terjebak menjadi orang tua ‘hyperparenting'!

Dibawah ini ada beberapa ciri orang tua yang ‘hyperparenting' sebagai berikut :

  1. Selalu menilai keberhasilan anak hanya dari prestasi akademik atau kognitif, baik melalui rapor maupun hasil prestasi yang bisa diraih anaknya.
  2. Selalu merasa khawatir atau cemas berlebihan akan masa depan anaknya.
  3. Selalu membandingkan anaknya dengan anak lain.
  4. Memanjakan anak, berusaha memenuhi semua tuntutan dan permintaan anak.
  5. Merasa kecewa bila mendapati anak gagal mencapai prestasi atau kemampuan tertentu yang diharapkan orangtua.
  6. Tidak pernah merasa puas terhadap pencapaian anak tanpa melihat kemampuan anak.
  7. Terlalu memaksakan anak untuk melakukan semua kegiatan yang menurut orangtua dinilai baik dan berdampak positif pada anak. Membuat anak Anda mengikuti berbagai macam les sehabis sekolah hingga menjelang malam dari hari Senin sampai dengan Sabtu.
  8. Selalu menekan anak dan tersinggung bila ada yang mengkritik anaknya.
  9. Menyalahkan pihak sekolah atau guru bila anaknya tak berhasil mencapai prestasi yang baik.

Hyperparenting perlu dihindari karena justru membawa dampak buruk bagi anak-anak Anda, antara lain : cepat lelah, sakit-sakitan, sulit untuk berkonsentrasi, pelupa, sulit makan atau sebaliknya banyak makan, tidak bisa tidur nyenyak dan lain-lain. Hal ini secara langsung akan mempengaruhi prestasi akademi mereka. Jika Anda tidak ingin hal ini terjadi pada anak Anda, Anda harus menjadi bijaksana dengan lebih memperhatikan kebutuhan dan kemampuan anak Anda daripada memberi beban kepada mereka dengan kegiatan-kegiatan yang Anda anggap baik untuk anak Anda lakukan.

Sumber : kompas.com/dan
Halaman :
1

Ikuti Kami