Obat Herbal Picu Epilepsi Kambuh

Serba-Serbi Sehat / 1 February 2010

Kalangan Sendiri

Obat Herbal Picu Epilepsi Kambuh

Tammy Official Writer
5282
herbal drink - epilepsiEpilepsi adalah kerusakan jaringan otak yang disebabkan cedera lahir, kecelakaan, infeksi otak, stroke, tumor, atau berulang pada anak. Sejauh ini, penderita epilepsi diminta mewaspadai konsumsi obat-obatan herbal karena berpotensi meningkatkan resiko kambuh.

Dan untuk mengendalikan serangan epilepsi, selama ini pasien harus disiplin konsumsi obat. Obat-obatan yang diberikan tidak langsung menyembuhkan epilepsi, tetapi hanya bersifat mengendalikan atau menjarangkan serangan penyakit kambuh terjadi.

Baru-baru ini sejumlah peneliti dari Jerman menyatakan bahwa obat-obatan herbal, terutama yang mengandung ginkgo biloba, yang banyak dipakai di Eropa untuk menghilangkan berbagai keluhan penyakit seperti depresi, sakit kepala, atau juga meningkatkan daya ingat, ternyata beresiko memicu timbulnya serangan epilepsi. Mereka yakin bahwa herbal memiliki "efek merusak."

Ditemukan melalui risetnya, para peneliti dari University of Bonn di Jerman tersebut menemukan ginkgotoxin, senyawa kimia dalam ginkgo biloba dapat memicu sinyal kimia dalam tubuh yang terkait dengan serangan epilepsi.


Sumber : kompas.com
Halaman :
1

Ikuti Kami