Saudara Perempuan Google Muncul Di Cina

Nasional / 30 January 2010

Kalangan Sendiri

Saudara Perempuan Google Muncul Di Cina

Lestari99 Official Writer
3212

Setelah google baru-baru ini menyatakan keberatannya atas ketatnya sensor yAng dilakukan pemerintah Cina atas konten-konten mereka, ditambah lagi dengan serangan hacker pada 12 Januari dalam suuatu serangan yang ‘sangat canggih', sebuah layanan mesin pencari informasi internet dan jejaring sosial baru bernama Goojje muncul di Cina. Situs internet ini memuat ciri-ciri branding yang sangat mirip Google. Hasil pencaian dengan Goojje sendiri tampaknya disaring mengikuti ketentuan pemerintah Cina agar tidak menampilkan konten informasi yang sensitif.

Situs baru yang dilaporkan dirilis pada 14 Januari ini tampaknya muncul untuk mendesak Google, perusahaan yang berbasis di California, Amerika Serikat ini agar tetap bertahan di Cina. Suku kata terakhir dari ‘jje' terdengar mirip dengan kata dalam bahasa Mandarin untuk menyebut kakak perempuan (jiejie). Jika Goojje terdengar seperti kata ‘saudara perempuan', maka Google terdengar mirip dengan kata dalam bahasa Mandarin yang berarti ‘kakak laki-laki'. Sedangkan di dalam situsnya tersebut, Goojje memuat pesan yang berbunyi, "Saudara perempuan sangat senang ketika saudara laki-lakinya tidak lagi menimbang-nimbang untuk pergi dan tetap bersama saudara perempuan".

Sampai saat ini Google menolak untuk mengomentari kejadian ini. Google sendiri yang mulai hadir di Cina pada tahun 2006 mengatakan akan tetap berada di Cina hanya jika pemerintah di sana mengendurkan sensor mereka. Sementara itu situs yang mirip dengan YouTube juga muncul di Cina setelah pemerintah Cina memblok video YouTube di Cina. Nama situs baru tersebut adalah YouTubecn.com. Situs tiruan ini juga menawarkan konten video YouTube yang sebenarnya.

Sumber : bbc
Halaman :
1

Ikuti Kami