Fenomena Mukjizat Di Haiti

Nasional / 29 January 2010

Kalangan Sendiri

Fenomena Mukjizat Di Haiti

Lestari99 Official Writer
2801

Gempa 7,0 SR yang terjadi di Haiti diperkirakan menelan korban 200.000 orang meninggal dan lebih dari 130 korban berhasil diselamatkan dari puing-puing. Namun mukjizat tampaknya masih terus terjadi di Haiti. 15 hari pasca gempa yang mengguncang negara itu pada 12 Januari 2010 lalu, masih ditemukan korban selamat yang bertahan hidup dari bawah reruntuhan. Kali ini terjadi pada seorang gadis remaja berusia 16 tahun, Darlene Etienne. Darlene mengalami dehidrasi berat namun ia berhasil bertahan hidup.

Darlene ditarik dari puing-puing reruntuhan lima hari setelah pemerintah Haiti secara resmi menghentikan operasi pencarian dan penyelamatan. Darlene ditemukan di bawah puing-puing sebuah rumah dekat gedung College St Gerard, tempat dia baru mulai bersekolah. Para tetangga saat itu sedang memeriksa reruntuhan rumah mereka di distrik pusat Carrefour-Feuilles ketika mereka mendengar suara Darlene yang lemah dan kemudian memanggil tim penyelamat.

Dalam waktu singkat lokasi Darlene ditemukan dan iapun ditarik keluar dari puing-puing. Lokasi tempat Darlene ditemukan digambarkan sebagai ‘sebuah kantong udara yang dikelilingi beton'. Para petugas penyelamat mengatakan gadis remaja itu terjebak di dalam kamar mandi dan bertahan hidup dengan minum air dari bak mandi. Darlene diberi air dan oksigen sebelum dilarikan ke sebuah rumah sakit darurat dan kapal medis Prancis. Darlene sendiri hanya dapat mengucapkan ‘terima kasih' kepada para penyelamatnya karena ia tampak terlalu lemah untuk mengatakan hal lainnya.

Berikut beberapa daftar korban gempa yang berhasil selamat setelah tertimbun selama berhari-hari di bawah puing-puing:

Darlene Etienne, 16 - diselamatkan setelah 15 hari
Rico Dibrivell, 31 - ditarik dari puing setelah 12 hari
Wismond Exantus, 24 - ditemukan 11 hari pasca gempa
Emmannuel Buso, 21 - diselamatkan setelah 10 hari
Marie Carida, 84 - diselamatkan setelah 10 hari
Mendji Bahina Sanon, 11 - tertimbun selama delapan hari
Lozama Hotteline, 25 - ditarik dari puing setelah tujuh hari
Elisabeth Joassaint, 15 hari - terkubur selama tujuh hari atau separuh umurnya
Ena Zizi, 69 - diselamatkan tujuh hari pasca gempa

Tahukah Anda, bahwa Anda bisa menjadi berkat untuk mereka juga. Banyak orang Haiti yang saat ini membutuhkan makanan, air dan juga tempat berteduh. Uluran tangan Anda bisa meringankan beban mereka. Anda bisa menyalurkan bantuan melalui penggalangan dana Jawaban Kasih untuk Haiti.

Sumber : bbc
Halaman :
1

Ikuti Kami