Monorel Cirebon-Bandung-Jakarta Akan Dibangun

Nasional / 26 January 2010

Kalangan Sendiri

Monorel Cirebon-Bandung-Jakarta Akan Dibangun

Tammy Official Writer
3030
Konsorsium 15 perusahaan dari Amerika Serikat, Jerman, dan Malaysia berencana membangun jaringan monorel sepanjang 357 kilometer yang akan menghubungkan Cirebon-Bandung-Jakarta dan diperkirakan menelan investasi sekitar Rp 30 trilyun.

Menurut Iwan Dermawan Hanafie, ketua Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Komite Singapura, proyek tersebut merupakan salah satu dari sejumlah proyek pembangunan koridor ekonomi Jabar yang mencakup Bandung, Sumedang, Majalengka, dan Cirebon. Luar koridor ekonomi tersebut sekitar 7.300 km persegi atau lebih kurang seluas Silicon Valley di California 6.539 km persegi. Saat ini, konsorsium perusahaan-perusahaan asing itu telah memulai studi kelayakan yang diperkirakan akan memakan waktu 1 tahun. Selain ramah lingkungan, jaringan monorel tersebut juga akan berfungsi sebagai pembangkit tenaga listrik.

Rencana pembangunan monorel yang melintasi tiga provinsi ini, yakni DKI Jakarta, Banten, dan Jabar ini diperkirakan akan menuai pro-kontra. Terutama pastinya akan ditemui banyak kendala, baik di sisi sosial, ekonomi, maupun lingkungan. Mengingat masih perlunya edukasi lebih lagi untuk menjaga bersama ruang public. Seperti koridor-koridor busway, dimana pemerintah telah membangunnya, tetapi masih perlu kesadaran untuk menjaga bersama.


Sumber : kompas.com
Halaman :
1

Ikuti Kami