‘Hope For Haiti’ Mendominasi Dunia

Nasional / 25 January 2010

Kalangan Sendiri

‘Hope For Haiti’ Mendominasi Dunia

Lestari99 Official Writer
4388

Puluhan selebritis ternama dunia baik dalam bidang film maupun musik bernyanyi bersama dalam nada berkabung pada hari Jumat (22/1) dan mendesak dunia untuk menyumbang bagi Haiti yang dilanda gempa. Acara ini dipandu oleh aktor kawakan George Clooney dan rapper kelahiran Haiti, Wyclef Jean.

Acara amal yang melibatkan seluruh dunia ini diadakan selama dua jam dan diberi nama "Hope for Haiti Now: A Global Benefit for Earthquake Relief", ditayangkan di seluruh dunia baik melalui televisi, internet dan provider telepon. Acara ini menampilkan lebih dari 100 selebritis yang tampil dari New York, Los Angeles dan London.

Penyanyi Alicia Keys tampil dengan menyanyikan lagunya "Prelude to a Kiss", yang salah satu liriknya berbunyi "Can you send an angel?" (dapatkah Anda mengirimkan seorang malaikat) sebelum Clooney sebagai salah satu penyelenggara utama acara amal ini menyampaikan sambutan awalnya.

"Orang Haiti membutuhkan pertolongan kita," ujar Clooney. "Mereka perlu tahu bahwa mereka tidak sendirian, mereka perlu tahu bahwa kita masih peduli."

Lebih dari 1,5 juta orang Haiti kehilangan tempat tinggal dalam tragedi gempa yang mengguncang negara Karibia miskin ini lebih dari 10 hari yang lalu dan telah menewaskan 200.000 orang.

Acara amal jarak jauh ini membidik seluruh masyarakat dunia dengan menampilkan kolaborasi musik, kisah-kisah tentang rasa kehilangan dan mereka yang bertahan hidup, dan para aktor yang mengambil sumbangan melalui telepon, sementara tayangan televisi memperlihatkan gambar yang mengejutkan dan juga interview langsung dengan orang-orang Haiti.

"Saat ini kita dapat melihat gelombang kedua dari datangnya bencana ini," ujar Jean dari New York. "Negara saya benar-benar dalam kondisi yang sangat menyakitkan."

Dari London, rapper yang berasal dari Amerika Jay-Z menampilkan debut lagunya bersama dengan Bono U2 dan The Edge dimana Jay-Z menyanyikan rap tentang gempa bumi sebelum Bono dan Rihanna menimpalinya dengan lirik "Not going to leave you stranded" (Tidak akan meninggalkan kamu terdampar).

Sebelumnya, Beyonce menyanyikan lagunya "Halo" dengan salah satu anggota Coldplay, Chris Martin, yang memainkan piano.

Dari Los Angeles penyanyi Sheryl Crow, Keith Urban dengan Kid Rock memetik gitar akustik dan menyanyikan lagu "Lean On Me", sementara Justin Timberlake dan Matt Morris melakukan duet penutup dengan menyanyikan lagu Leonard Cohen, "Hallelujah".

Penyanyi lain termasuk Madonna, Mary J. Blige, Taylor Swift, Shakira, Sting dan Jennifer Hudson, menyanyikan versi yang lebih ceria dari lagu The Beatles, "Let It Be".

Aktor Leonardo DiCaprio, Denzel Washington dan Nicole Kidman tampil sepanjang acara melalui layar untuk menceritakan kisah orang-orang Haiti yang berhasil bertahan hidup dari bawah reruntuhan dan diselamatkan. DiCaprio adalah salah satu dari selebriti yang menyumbangkan $ 1 juta minggu ini.

Bruce Springsteen menyanyikan lagu protes "We Shall Overcome" dan Stevie Wonder menampilkan lagu Simon & Garfunkel "Bridge Over Trouble Water" dengan harmonisasi yang indah dari para penyanyi latarnya.

Hasil dari gerakan amal ini akan dibagi di antara organisasi-organisasi bantuan termasuk Clinton Bush Haiti Fund, the U.N. World Food Program, Oxfam America, the Red Cross, UNICEF dan Jean's Yele Haiti Foundation.

Badan-badan bantuan memperkirakan sepertiga orang Haiti yaitu 9 juta orang akan membutuhkan makanan darurat, air bersih dan tempat berteduh untuk jangka waktu yang panjang. Sumbangan dapat juga disalurkan melalui Jawaban Kasih Jawaban.Com.

Sumber : saidaonline
Halaman :
1

Ikuti Kami