Cina Mengecam Balik Kritik Hillary Clinton

Nasional / 24 January 2010

Kalangan Sendiri

Cina Mengecam Balik Kritik Hillary Clinton

Tammy Official Writer
2739
Menteri Luar Negeri AS, Hillary Clinton, meminta Cina untuk mencabut pembatasan internet di negeri tirai bambu tersebut. Menlu wanita ini juga mendesak Beijing untuk menyelidiki keluhan Google bahwa serangan dunia maya terhadap sejumlah alamat email di Gmail berasal dari Cina.

Cina menanggapi pernyataan Clinton tersebut bahwa AS seharusnya "menghormati fakta yang ada" dan berhenti membuat "tuduhan tak berdasar terhadap Cina." Pada sebuah artikel Global Times, sebuah situs berita berbahasa Inggris milik Partai Komunis Cina, menyebutkan bahwa kritik Hillary Clinton adalah "imperialisme informasi."

Saat berpidato di Washington, Clinton mengungkapkan bahwa internet merupakan "sumber kemajuan luar biasa" di Cina tetapi pendapatnya setiap negara yang membatasi upaya mendapatkan informasi menghadapi resiko menutupi diri dari kemajuan di abad mendatang. Clinton juga mendesak perusahaan yang beroperasi di Cina, serta negara lain, untuk menerapkan "satu prinsip" melawan sensor.

Selama ini para pejabat Cina menerapkan bahwa Google dan perusahaan internet asing lain bisa beroperasi di Cina sepanjang mematuhi hukum dan tradisi negeri itu. Media milik pemerintah Cina bereaksi marah atas pidato Clinton tersebut. Mereka mengatakan bahwa, "Kampanye Amerika untuk informasi bebas dan tanpa sensor di dunia internet merupakan upaya terselubung untuk menerapkan nilai-nilai negara itu ke negara lain atas nama demokrasi."


Sumber : bbcindonesia.com
Halaman :
1

Ikuti Kami